Ketika pikiran berada dalam kondisi yang baik, maka tubuh dan kehidupan cenderung akan mengikuti karena kita akan merasa lebih baik dan memiliki lebih banyak energi.

Ini selanjutnya akan membuat kita menjadi lebih bahagia.

Nah, untuk mendapatkannya secara maksimal, inilah 4 tips menjaga kesehatan psikologis yang perlu kita lakukan:

1. Berpikir positif

Cobalah untuk selalu fokus pada hal-hal positif agar dapat meningkatkan suasana hati. Hal ini tentu tidaklah mudah, sehingga dibutuhkan latihan secara rutin. Meski sulit di awalnya, namun pada akhirnya akan terbiasa. Biasakan diri untuk selalau bersyukur atas segala hal yang diterima setiap hari untuk melatih otak berpikir positif. Secara sederhana, kita bisa mencoba dengan mulai menulis dalam jurnal apapun yang kita pikirkan, apa yang kita rasakan, termasuk kejadian apapun yang sudah kita alami dalam satu hari. Semua catatan dapat menjadi pelajaran pribadi kita.

2. Diamkan kritik dalam batin

Bila pikiran di dalam kepala terus berpikir hal negatif, berhentilah untuk terus mengulai pikiran tersebut. Jangan pula memaksa diri untuk mempertanyakan hal-hal negatif tersebut karena justru akan membuat diri ikut melakukan hal negatif tersebut. Apapun pikiran buruk yang ada di dalam pikiran, usahakan untuk mengalihkan dengan kegiatan lain agar tidak semakin mengarah pada hal negatif.

3. Melawan dengan cara yang tepat

Semua orang, baik dengan pasangannya, temannya, rekan kerjanya, hingga keluarganya, pasti memiliki perbedaan pendapat. Bukan berarti kita harus berdiri sendiri dengan pendapat atau pemikiran kita, namun semua harus ditangani dengan cara yang tepat. Hindari pula perdebatan dengan cara berteriak, memaki, mundur dari pembicaraan, dan semacamnya. Yang tepat adalah kita harus menerima banyak perspektif lain yang berbeda dengan kita, sehingga kita harus menghormati dan membicarakannya dengan baik untuk mendapatkan hasil yang baik pula secara bersama.

4. Buatlah perdamaian dengan tubuh

Jangan terobsesi dengan bentuk tubuh yang ideal, namun biarkan apa yang diinginkan tubuh agar dapat membantu kita mencapai tujuan. Misalnya untuk asupan makanan, olahraga yang disukai, hingga perjalanan yang membuat bahagia meski melibatkan fisik tubuh yang tidak mudah. Semua hal yang memungkinkan dilakukan tubuh, lakukanlah, agar pula mendapatkan kebahagiaan yang sesungguhnya.

( TN | Photo : goodwp.com )

Send this to a friend