Kamar tidur merupakan tempat di dalam rumah yang paling pribadi. Di sinilah, Anda bisa melepaskan lelah setelah seharian bekerja, bersantai, menikmati ‘me time’ bahkan tempat untuk menyendiri ketika mood turun. Memiliki kamar tidur yang luas tentu akan membuat momen momen relaksasi Anda lebih optimal.

Tapi bagaimana jika ruang kamar tidur yang dimiliki cenderung kecil? Anda tetap bisa menciptakan suasana kamar senyaman mungkin dengan lima trik ini, seperti dikutip dari Huffington Post.

  • Cat Dinding Warna Biru

https://lh3.googleusercontent.com/-zlsxfO8EMVg/TXZQzkuCcUI/AAAAAAAAALY/DiMPt3PqxEo/s1600/

Studi yang dilakukan Lighting Research Center di New York, Amerika Serikat menunjukkan bahwa warna biru memiliki efek yang menenangkan dan meredakan stres. Pilih warna dengan palet lembut seperti baby blue, biru pastel atau dusty blue untuk kesan ruangan lebih luas. Biru telur asin memberi kesan sejuk, tapi jika tidak ingin kamar Anda terlihat seperti ruangan rumah sakit, kombinasikan dengan furnitur warna putih. Gabungan kedua warna ini memberikan nuansa lebih segar.

  • Pajang Foto-foto Kenangan Indah

http://desaininterior.me/wp-content/uploads/2012/01/

Anda mungkin lebih suka menyimpan foto-foto dalam bentuk digital di smartphone atau laptop. Namun foto cetak tetap terasa lebih personal dan membangkitkan memori indah yang lebih intens. Keluarkan lagi foto-foto lama Anda di dalam album, tempatkan dalam bingkai dan jadikan hiasan pada dinding, rak maupun meja. Hasil penelitian yang dilakukan Dr. Constantine Sedikides dari University of Southampton, Inggris menemukan bahwa nostalgia bisa membuat seseorang merasa lebih bahagia dan optimis.

  • Buat Suasana Sunyi

https://images.detik.com/community/media/visual/2016/01/15/

Kesunyian tidak selalu identik dengan kesendirian atau sesuatu yang mengenaskan. Ada kalanya seseorang perlu berada di lingkungan yang sunyi untuk meningkatkan kesehatan mentalnya. Sedikit saja berada di kesunyian bisa membuat Anda lebih fokus, meningkatkan kreativitas bahkan menimbulkan efek terapi.

  • Beri Aroma Lavender

http://www.ideaonline.co.id/var/gramedia/storage/images/idea2013/kabar/6-cara-membuat-rumah-selalu-harum-sepanjang-hari/25957877-1-ind-ID/

Lavender bisa memberi efek relaksasi ketika dihirup. Beberapa studi juga menunjukkan kalau aroma bunga berwarna ungu ini bisa membantu Anda dapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Aroma lavender bisa dihadirkan lewat minyak atau lilin aromaterapi, bisa juga berupa bunga kering sebagai campuran potpourri yang diletakkan di sudut ruangan atau meja rias.

(wolipop.com / berbagai sumber)

Send this to a friend