Aktris cantik asal Australia, Nicole Kidman, angkat bicara soal kesetaraan gender dalam industri film. Peraih Oscar tersebut mengutarakan harapannya agar kesempatan untuk perempuan berkarya di industri film lebih banyak, karena dirasa belum seimbang.

”Nyatanya kami harus membuat lebih banyak kesempatan. Ini bukan langkah yang imbang,” ujar Kidman seperti yang dimuat di laman Reuters pada saat ditemui di Women in Film’s Crystal + Lucy Awards, Los Angeles. Menurut aktris kelahiran tahun 1967 ini, mereka berusaha bersama-sama untuk mengubah kondisi tersebut.

“Kita perlu memberi kamera pada gadis-gadis kecil, mendorong mereka bercerita dan mendukung rasa percaya diri mereka agar mereka merasa kuat,” ucap Ava DuVernay yang merupakan seorang sutradara, penulis naskah, distributor film, dan  film marketer asal Amerika yang turut berpendapat terhadap kekeliruan yang kerap muncul terkait perempuan pembuat film.

“Hollywood itu ibarat kekasih yang jarang menghubungi. Seperti itulah kira-kira Hollywood pada sineas perempuan,” lanjut pembuat film Selma (2014) dan Middle of Nowhere (2012) tersebut. Menurut DuVernay, ada sedikit pengabaian terhadap imajinasi dan bakat para pembuat film perempuan. “Ada hal-hal seperti itu yang berlangsung dan kita harus bekerja untuk membenahinya,” lanjutnya.

Nicole Kidman dan Ava DuVernay hanyalah dua diantara sekian banyak aktris yang menyerukan kesetaraan gender dalam industri film Hollywood, sebut saja Meryl Streep dan Kristen Stewart. Keduanya tidak jarang bersuara terhadap isu tersebut sekaligus isu age-bias dalam industri film. Stewart pernah berkata bahwa perempuan harus bekerja lebih keras untuk didengar.

 

Disunting dari: www.antaranews.com

(penyunting: Ovatatyana / Cittairlanie | foto: www.fanpop.com)

Send this to a friend