Kontes kecantikan Miss Jakarta Fair kembali dibuka, dan akan dilaksanakan di Arena Jakarta International Expo Kemayoran saat berlangsungnya event Jakarta Fair Kemayoran (JFK), mulai dari 10 Juni hingga 17 Juli 2016.

Para peserta akan memperebutkan lima gelar pemenang yang mendapat hadiah puluhan juta dari sponsor serta berkesempatan mendapat promosi pengembangan bakat di dunia kecantikan.

Ketua Panitia Miss Jakarta Fair, Mike Fensi, menjelaskan bahwa tema penyelenggaraan Miss Jakarta Fair tahun ini adalah “Trully Inspirational”. Di sini perempuan Indonesia digambarkan tidak hanya cantik, tapi juga pintar, dan berprestasi. Dan juga bisa memberikan kontribusi dan membawa pengaruh positif untuk lingkungan sekitar.

Mike mengatakan, kontes ini terbuka untuk umum, yakni perempuan Indonesia yang berusia 17 sampai 25 tahun dan belum menikah. Sejumlah tes akan dilakukan kepada para peserta meliputi tes kecantikan, modeling, tes kecerdasan, dan pengetahuan umum, tes kemampuan berbahasa asing, dan lain-lain.

Formulir pendaftaran dapat didownload di fanpage Facebook Miss Jakarta Fair, kemudian dilampirkan foto terbaru, identitas diri, dan dikirimkan dalam bentuk PDF. Formulir dikirimkan ke panitia melalui email missjakartafair2016@jiexpo.com paling lambat 31 Mei 2016. Detail mengenai foto diri dan formulir dapat dilihat di fanpage Facebook tersebut.

Menurut Mike, kontes ini akan menempuh beberapa tahap yaitu penyisihan dan pengumuman awal menjadi 50 peserta pada 7 Juni 2016. Pada tahap ini juri terdiri dari pihak panitia, media massa, dan dari pihak sponsor.

Selanjutnya akan dilakukan penyisihan dari 50 peserta menjadi 20 peserta pada 13 dan 14 Juni. Di tahap ini akan diisi dengan kegiatan modeling, grooming, beauty, dan hair do class oleh sponsor dan sekolah modelling.

Babak semi final yang merupakan penyisihan dari 20 peserta menjadi 10 peserta akan dilakukan pada 24 Juni, ditahap ini para peserta diharuskan menjalani sejumlah tes kecantikan, kepribadian, dan kecerdasan di depan dewan juri.

Sedangkan penentuan pemenang Miss Jakarta Fair 2016 akan dilakukan pada malam grand final tanggal 1 Juli. Kelak, ke-10 finalis akan menghadapi test kecantikan, kepribadian, dan kecerdasan di atas panggung terbuka yang akan disaksikan oleh ribuan pengunjung Jakarta Fair.

Dijelaskan oleh Mike, para pemenang Miss Jakarta Fair 2016 rencananya akan dikukuhkan dan ditampilkan di depan puluhan ribu pengunjung Jakarta Fair pada malam inagurasi 17 Juli 2016. Acara ini akan dimeriahkan oleh penampilan band dan penyanyi papan atas Indonesia.

Kontes ini akan memperebutkan lima gelar pemenang, yaitu Miss Jakarta Fair 2016, Miss Event International (runner up 1), Miss Seni & Budaya (runner up 2), Miss Favourite (runner up 3), dan Miss Rambut Terindah (runner up 4). Para pemenang akan mendapatkan hadian uang senilai puluhan juta rupiah dan berbagai paket hadian dari pihak sponsor.

“Khusus pemenang Miss Rambut Terindah rencananya akan dikontrak langsung oleh Makarizo untuk kebutuhan setiap acara yang diselenggarakan oleh perusahaan beauty care terkemuka di Asia dan pesaing kuat di taraf internasional. Karena Makarizo sejak awal selalu menjadi official hair do partner Miss Jakarta Fair tiap tahunnya,” jelas Mike.

Penyelenggaraan kontes Miss Jakarta Fair 2016 ini dilaksanakan oleh Panitia Penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran 2016 yang merupakan event ajang pameran dan arena hiburan terbesar dan terlama di Asia Tenggara. Bekerjasama dengan sejumlah sponsor seperti League, Makarizo, La Tulipe Cosmetique, Yongki Komaladi, B-Fit.

Dan untuk media partner, Miss Jakarta Fair bekerjasama dengan bintang.com, vidio.com, dan liputan6.com yang diharapkan dapat lebih meningkatkan citra Miss Jakarta Fair di kancah dunia kontes kecantikan di Indonesia. Sedangkan dewan juri terdiri dari pihak panitia, sponsor, dan kalangan media massa.

Sebagaimana diketahui, kontes Miss Jakarta Fair tak pernah absen diselenggarakan setiap tahun sejak 2005. Para alumni finalis kontes ini adalah para perempuan cantik dan berbakat yang kini malang melintang di dunia modelling dan kecantikan Indonesia.

Para pemenang Miss Jakarta Fair tahun 2015 adalah Kartika Berliana (Miss Jakarta Fair 2015), Maria Christy Anastasia (Miss Event International, runner up 1 ), Pamela Olivia (Miss Seni & Budaya, runner up 2), Mervinta Tiara Bunda (Miss Favorite ), Gendis Freyona (Miss Rambut Terindah), Almira Zhafira, Nabila Lendy, Kezia Roslin Cikita Warouw, Anissa Anastasia, dan Tricia  Adeline Alam.

Finalis Miss Jakarta Fair 2015 Kezia Roslin Cikita Warouw awal tahun 2016 ini bahkan memenangkan kontes kecantikan paling bergengsi di Indonesia dan dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2016.

Jadi, jika Anda merasa cantik, berpengetahuan luas, dan berkepribadian kuat, jangan ketinggalan segera mendaftar sebagai peserta Miss Jakarta Fair 2016. Siapa tahu Anda akan menjadi Miss Jakarta Fair, atau bahkan menjadi Puteri Indonesia yang berikutnya.

( L6 | Photo : liputan6 )

Send this to a friend