Memasak makanan sendiri kerap dianggap sebagai hal yang sulit bagi sebagian besar orang, terutama di tengah masyarakat metropolitan. Padahal, cara ini merupakan yang termudah untuk memulai gaya hidup sehat. Sebetulnya, terdapat beragam alternatif strategi untuk mempersingkat waktu memasak agar ladies tidak perlu menghabiskan waktu seharian di dapur dan bisa melakukan aktivitas lain. Jadi, daripada memilih makan di luar, ladies dapat memasak sendiri dan makan  di rumah.

Saat menyiapkan makanan sendiri, ladies sebetulnya sedang membakar kalori dan mengisi nutrisi tubuh secara bersamaan. Hal ini lebih efektif dan mudah dilakukan dalam menjaga berat badan dibandingkan dengan diet ketat. Apabila ladies ingin mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan mengurangi berat badan atau melakukan diet yang bertujuan menjaga stabilitas bobot tubuh, memasak makanan sendiri dapat dijadikan langkah awal gaya hidup sehat yang sederhana dan sangat bermanfaat.

Berikut ini, terdapat beberapa tips memasak sendiri untuk ladies agar mendapatkan manfaatnya secara optimal. Pertama, sebaiknya ladies mengganti minyak dengan air dan herbal, karena minyak justru dapat menaikkan berat badan dan mengganggu kesehatan jantung. Kedua, perbanyak mengolah makanan dengan cara dipanggang dibandingkan digoreng, hal ini juga menjadi solusi untuk menghindari penggunaan minyak. Ketiga, jangan malas membuat bumbu sendiri, karena cara ini ampuh untuk mengurangi penggunaan bahan yang tidak baik bagi kesehatan, seperti penyedap rasa, gula atau garam berlebih, dan minyak. Keempat, tingkatkan variasi makanan agar menu makanan tidak membosankan dan menurunkan atusiasme menjalani gaya hidup sehat. Terakhir, carilah resep masakan yang sesederhana mungkin, tidak perlu bumbu yang diracik dengan banyak bahan dan tingkat kerumitan tinggi. Keep it simple, ladies!

Disunting dari: www.onegreenplanet.org

(jurnalis: Melissa Schollaert | editor/penerjemah: Cittairlanie | foto: onogyqudys.sourceforge.net)

Send this to a friend