Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki iklim tropis. Indonesia merupakan daerah yang dilewati oleh garis khatulistiwa sehingga hanya memiliki dua musim yaitu hujan dan kemarau. Nah, bagi kamu wanita berhijab, pasti masalah iklim mempengaruhi kenyamanan kamu saat mengenakan hijab itu sendiri. Jadi, kita harus cermat nih dalam memilih bahan hijab. Mau tahu? Yuk, simak di bawah ini!

1. Katun


Bahan katun ini memiliki daya serap air yang sangat bagus, lho. Jadi kalau kamu memakai hijab dengan bahan katun ketika musim kemarau yang sedang panas-panasnya, kamu gak perlu khawatir deh. Kain katun akan menyerap keringat sehingga kita akan merasa sejuk saat memakainya.

2. Jersey


Kain jersey ini sifatnya ringan dan cenderung tidak berubah bentuk meski dikenakan dalam waktu lama. Jadi, hijab dengan bahan jersey merupakan pilihan tepat untuk pemakaian sehari-hari kamu.

3. Chiffon


Kain chiffon yang tipis dan halus ini juga pas banget nih buat kamu pakai ketika cuaca sedang panas. Kain jenis ini biasanya terbuat dari dua jenis serat, yaitu serat alam seperti katun dan sutra serta serat buatan misalnya polister atau nylon. Rasanya yang lembut jika dipegang bisa memberikan efek sejuk pada kepala sehingga kamu gak akan takut kegerahan lho.

4. Polyster


Nah, saat sedang musim hujan sehingga udara terasa dingin. Kamu bisa memilih hijab dengan bahan polyster. Bahan polyster memiliki serat yang tebal sehingga bisa melindungi kamu dari udara dingin.

5. Kaos


Hijab dengan bahan kaos juga bisa menjadi pilihan kamu ketika cuaca sedang dingin. Bahannya yang tebal, jatuh, dan elastis ini nyaman digunakan apalagi kalau kamu adalah orang yang mempunyai aktivitas banyak. Meskipun tebal, hijab berbahan kaos juga mudah menyerap keringat.
Sekarang, kamu bisa deh memilih bahan hijab yang sesuai dengan iklim Indonesia sehingga kamu gak perlu khawatir saat beraktivitas ketika sedang panas atau dingin. Semoga bermanfaat, ya!

(Amel, sumber foto: Pinterest, craftbymood.com)

Send this to a friend