Tak hanya pakaian wanita saja lho yang memiliki banyak jenis. Pakaian pria seperti celana pun juga. Celana adalah fashion item terpenting bagi pria karena digunakan setiap hari. Nah, bagi kamu yang belum tahu ada berapa macam sih celana khusus pria? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Celana Formal

Celana formal pria terdiri dari dua jenis yaitu, pleated (lipit) dan flat front (datar tanpa lipit). Celana formal model pleated cocok untuk pria yang mempunyai paha besar agar kaki memiliki ruang yang cukup nyaman. Sedangkan, celana flat front lebih cocok untuk kaum pria yang memiliki tubuh kurus atau langsing karena akan lebih pas dikenakan.

2. Celana Khaki

Khaki atau khakis adalah nama sebuah warna turunan coklat, yaitu campuran kuning dan coklat muda, umumnya berwarna seperti pasir atau debu. Awalnya, celana khaki hanya dipakai untuk keperluan militer. Namun, seiring berkembangnya zaman celana jenis ini pun semakin digemari para pria sehingga banyak produsen fashion yang berinovasi dengan warna-warna selain coklat dan kuning. Celana chino cocok digunakan pada acara formal.

3. Celana Chino

Nama chino, berasal dari kata China yang merupakan pembuat bahan celana chino itu sendiri. Chino merupakan sebutan China dalam bahasa Spanyol. Celana chino berbahan sintesis, ringan, memiliki potongan yang sempit dengan ujung mengecil atau meruncing. Celana chino sedikit lebih formal dibandingkan dengan celana khaki. Banyak pria kantoran yang memilih celana chino untuk padu padan penampilan mereka. Namun, celana chino juga bisa menjadi pilihan ketika kamu ingin tampil santai atau casual.

4. Celana Jeans

Celana jeans merupakan celana yang paling banyak digunakan oleh pria maupun wanita. Celana jenis ini biasa dipakai saat hangout atau suasana yang santai. Jeans terbuat dari bahan denim, dungaree, dan katun. Karakteristik jeans berdasarkan bahan berbeda-beda. Jeans dari bahan denim lebih sulit diwarnai dan dijahit, denim diwarnai setelah dijalin. Berbeda dengan denim, dungaree biasanya terbuat dari benang-benang yang sudah diwarnai sebelumnya. Jeans dari bahan katun biasanya jauh lebih lunak daripada denim dan dungaree, pilihan warnanya pun lebih beragam karena lebih gampang diwarnai. Kamu perlu tahu nih, pembuat jeans populer pertama adalah Jacob Davis. Jacob adalah seorang penjahit, dan Levi Strauss, seorang imigran sukses dari Jerman. Akhirnya jeans dipatenkan atas nama mereka berdua dan mulai tahun 1950-an jeans mulai populer di kalangan remaja.

5. Celana Cargo

Awalnya celana cargo hanya digunakan oleh tentara Inggris dengan karakteristik memiliki banyak kantong yang berfungsi untuk membawa barang keperluan perang seperti radio dan amunisi. Namun, pada perkembangan selanjutnya, celana ini banyak digunakan di luar aktivitas militer. Tahun 1990-an, celana cargo mulai populer. Celana cargo dipilih untuk waktu yang santai oleh kebanyakan kaum pria.

6. Celana Jogger

Celana Jogger mempunyai ciri khas pada opening leg-nya yang menggunakan karet. Kamu bisa memadu padankan jenis sepatu seperti sneakers atau sepatu training, karena sepatu yang digunakan dengan celana ini akan terlihat jelas. Jadi, berikan perhatian lebih dalam memilih sepatu saat menggunakan celana jogger.

7. Celana Corduroy

Sesuai namanya, celana jenis ini terbuat dari bahan corduroy. Kain corduroy merupakan tekstil yang terdiri dari serat yang dipuntir, terbuat dari kain kapas tebal yang memiliki tekstur yang halus. Serat tersebut ditenun sejajar mirip dengan twill membentuk pola kain seperti tali. Kain corduroy berukuran wale lebarlah yang biasanya digunakan untuk bahan celana. Saat musim dingin, celana ini sangat cocok untuk kamu kenakan karena bahannya yang tebal.

Nah, itu dia beberapa jenis celana pria yang wajib kamu ketahui! Jadi, jangan sampai bingung lagi ya untuk memilih jenis celana dalam penampilan kamu. Selamat mencoba.

(Amel, sumber foto: Pinterest)

Send this to a friend