Kamu wanita berhijab? Ada berapa banyak sih hijab yang kamu punya di rumah? Wah, pasti banyak dong ya. Dari warna cerah sampai yang gelap pasti ada. Supaya kamu gak terus-terusan beli hijab dan menumpuk di lemari, ada beberapa tips loh yang bisa diterapkan dalam menyimpan hijab. Tentunya agar hijab kamu tetap awet! Apa aja sih?
1. Pisahkan hijab yang warnanya mudah luntur


Coba deh cek lemari kamu dan liat berapa banyak hijab yang kamu punya. Semua hijab tersebut pasti memiliki bahan, motif, dan warna yang berbeda. Nah, untuk menjaga hijab kamu tetap awet, pisahkan hijab berdasarkan kategori warnanya, ya! Jangan sampai kamu cuci semua hijab kamu bebarengan. Pasti gak mau kan salah satu hijab kamu warna aslinya pudar? Jadi, pisahkan warna yang mudah luntur saat mencuci hijab.
2. Jangan cuci hijab dengan detergen

Loh, terus nyucinya pakai apa dong? Eits, tenang! khusus untuk hijab kamu bisa mencucinya menggunakan shampoo. Karena pada dasarnya kain hijab lebih tipis daripada bahan pakaian. Sehingga, dikhawatirkan akan membuat hijab menjadi cepat rusak jika dicuci menggunakan detergen.
3. Lebih baik mencuci dengan menggunakan tangan


Selain harus mengindari penggunaan detergen saat mencuci hijab, ternyata mencuci dengan mesin cuci juga berpengaruh terhadap hijab kamu loh. Jadi, usahakan cuci hijab dengan menggunakan tangan. Kamu cukup kucek kain hijab pelan-pelan, terutama di bagian lipatan yang biasanya terkena keringat. Dan saat merendam hijab, kamu cukup rendam dengan air dingin saja, ya! Karena jika direndam dengan air hangat, nanti hijab kamu akan cepat melar dan bisa merusak warna.
4. Hindari sinar matahari langsung saat menjemur

Ketika sudah selesai mencuci hijab, jangan terlalu kuat ketika memerasnya, ya! Cukup memerasnya dengan pelan. Kemudian saat menjemurnya, cukup digantung dan diangin-anginkan. Hindari paparan sinar matahari langsung.
5. Hindari suhu tinggi saat menyetrika


Pasti kamu gak mau kan pakai hijab yang kusut atau ada bekas lipatannya? Nah, untuk menghindari hal menjengkelkan tersebut kamu jangan asal sembarangan menyetrika hijab. Ketahui dulu pilihan suhu yang tepat karena hijab memiliki berbagai jenis bahan. Untuk hijab berbahan tipis, sebaiknya kamu menyetrikanya dengan suhu rendah. Kamu juga bisa melapisi dengan kain atau kertas perantara di atas hijab saat menyetrika. Kemudian, untuk hijab yang memiliki bahan agak tebal, kamu bisa menyetrikanya dengan suhu sedang. Kalau ada hiasan di hijabmu seperti payet atau renda, jangan ikutan disetrika. Salah-salah bisa rusak deh!
Yup, itulah beberapa tips sederhana di atas yang bisa kamu tiru untuk merawat hijab agar tetap awet dan seperti baru terus. Jangan lupa dicoba, ya!
(Amel, sumber foto: Pinterest)

Send this to a friend