Tubuh proporsional merupakan impian setiap orang. Banyak orang melakukan beragam cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Selain olahraga, makanan juga memiliki andil besar dalam pembentukan tubuh yang ideal dan sehat.

Dengan mengonsumsi buah-buahan, kamu bisa lebih maksimal mencapai target berat badan yang diinginkan. Nah, apa saja sih buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat diet?

1. Kiwi
Buah berbulu halus dengan cita rasa asam manis ini hanya mengandung 48 kalori per satu buahnya. Sehingga, mengonsumsi kiwi dapat membantu program diet sehatmu. Kamu bisa menyantap kiwi secara langsung atau membuatnya menjadi smoothies. Selain itu, kiwi memiliki kandungan serat dan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Srat baik untuk sistem pencernaan dan vitamin C merupakan mikronutrisi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Apel
Apel sudah terkenal bagus untuk menurutkan berat badan. Selain kaya akan serat, apel mengandung antioksidan yang dapat bermanfaat membantu penangkalan radikal bebas dalam tubuh, vitamin C, vitamin B kompleks, flavonoid, kalium, dan asam oksalat. Hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh dimiliki oleh apel ini. Pilihlah apel hijau untuk diet karena apel merah memiliki kandungan fruktosa yang lebih sedikit dibandingkan dengan apel merah sehingga kadar gulanya rendah. Apel hijau juga memiliki kandungan karbohidrat yang lebih sedikit dibanding dengan apel merah. Kamu harus menyantap apel tanpa campuran gula atau mayones agar dietmu tidak gagal, ya.

3. Pisang
Meskipun pisang memiliki kalori tinggi, namun pisang dapat dikonsumsi saat menjalani program diet. Kandungan gula dalam pisang merupakan gula alami yang aman, bukan gula olahan pabrik yang buruk untuk tubuh. Pisang juga memiliki nutrisi seperti, serat, kalium, vitamin C, dan B6 serta antioksidan yang punya sifat anti-inflamasi.

4. Semangka
Semangka memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah sehingga baik untuk penurunan berat badan. Buah semangka juga mengandung banyak elektrolit, natrium dan juga kalium, yang berfungsi untuk mencegah kekurangan cairan dalam tubuh. Semangka dapat menurunkan tekanan darah yang bisa menimbulkan penyakit kardiovaskular karena mengandung L-citrulline/ L-arginine, asam amino. Selain itu, semangkan juga mengandung vitamin A, C, B-6, dan tiamin.

5. Melon
Melon bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu gunakan untuk diet karena mengandung beberapa zat dan nutrisi yang sangat bagi tubuh untuk menurunkan berat badan. Melon mengandung kalori yang sedikit sehingga tidak membuat tubuh menjadi lebih gampang gemuk. Melon juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan ini bisa membuat kamu menurunkan berat badan lebih cepat dari pada umumnya. Selain rendah kalori dan kaya akan antioksidan, buah melon juga mengandung berbagai jenis nutrisi yang baik bagi tubuh.

6. Jeruk
Mengonsumsi jeruk ternyata dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan, lho. Jeruk memiliki kalori yang rendah dan gula alami yang tidak membuatmu gemuk. Gula alami tersebut justru memberikan energi otot dan otak. Jeruk juga dapat mengendalikan nafsu makan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Kamu dapat menjadikan jeruk sebagai camilan tang sehat saat menjalani diet.

7. Alpukat
Kandungan lemak nabati pada alpukat sifatnya sangat mudah dibakar dan diubah menjadi energi. Berbeda dengan lemak jenuh (saturated fat) yang cenderung mengendap dalam tubuh. Konsumsi alpukat yang kaya akan lemak baik dan kalori padat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Kamu pun bisa mengendalikan nafsu untuk mencari camilan atau makan porsi banyak.

8. Blueberry
Blueberry adalah salah satu makanan yang paling padat nutrisi di dunia dan mengandung kadar besar dan berbagai antioksidan. Buah blueberry dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Sehingga, kita dapat merasa kenyang dengan makanan yang sudah jelas menyehatkan karena banyak mengandung nutrisi. Kandungan kalorinya yang rendah membuat buah biru ini juga cocok untuk dijadikan camilan.

9. Blackberry

Di setiap 100 gram blackberry Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian hingga 35%, vitamin A hingga 4%, zat besi hingga 3%, magnesium dan kalium hingga 5%, serta serat sebanyak 20%. Blackberry menjadi juara soal kalori. Dalam takaran yang sama, buah ini menawarkan hanya 43 kalori saja. Sehingga, buah ini cocok untuk program diet kamu!

10. Strawberry

Kamu bisa juga mencoba mengonsumsi buah strawberry untuk menurunkan berat badan secara alami. Selain dikonsumsi langsung, buah strawberry bisa dibuat jus dengan dicampur mentimun, wortel, apel dan masih banyak lagi. Buah strawberry memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi hormon yang bisa menjadi stimulan bagi sistem metabolisme tubuh dan bisa menekan nafsu makan. Strawberry juga mampu menahan laju proses pencernaan makanan bertepung sehingga bisa mengontrol kenaikan gula darah.

(Amel, foto: Pinterest)

Send this to a friend