Bagi para wanita sangat bermimpi ingin mempunyai wajah yang cantik dan menawan. Bahkan kebanyakan dari mereka ingin mempunyai wajah yang cantik dengan menggunakan make-up di wajahnya. Mereka sampai rela membeli make-up yang harganya mahal untuk mendapatkan warna yang indah dan produk yang asli.

Beragam pilihan merk dan variasi make-up yang beredar di pasaran juga cukup banyak. Sehingga kita seringkali bingung memilih-milih make-up pada saat mau membelinya. ย Sayangnya, dari sekian banyak make up yang beredar ternyata terdapat make-up palsu yang beredar. ย Bahkan ada make-up palsu yang banyak dibuat seperti aslinya untuk menipu konsumen. Beredarnya make-up palsu ini semata-mata karena produsen ingin mendapatkan untung yang besar. Padahal penggunaan make-up palsu mempunyai efek samping dan berbahaya untuk kesehatan kita.

Berikut akibat-akibat buruk pemakaian make-up palsu berikut ini, supaya kamu bisa menghindarinya.

Alergi Kulit

Bukan masalah kamu cocok atau nggak dengan produk dari suatu brand yang dipalsukan. Akan tetapi, kandungan bahan kimia berbahaya yang nggak dipedulikan oleh sang oknum, kerap menimbulkan alergi dan meninggalkan bekas yang bikin kulit wajah nggak lagi mulus. Bahayanya, kalau terus-menerus kamu pakai, bekasnya akan permanen membekas di wajah kamu.

Bakteri

Make-up palsu jelas memiliki standard di bawah ketentuan. Tempat pembuatannya pun nggak bisa dijamin bebas dari bakteri jahat. Kalau brand ternama, meski harganya mahal, namun kebersihan tempat dan quality control-nya selalu diutamakan. Make-up palsu nggak dibuat di laboratorium yang bersih dan nggak melalui quality control. Kalau begitu, otomatis bakteri yang ada di sekitar tempat pembuatan sangat mungkin untuk bercampur dengan bahan-bahan pembuat make-up. Bahan-bahan pembuat makeup-nya saja berbahaya, apalagi kalau ditambah bakteri di lingkungan sekitar juga? Kulit kamu bakal jadi ‘sarang’ bakteri.

Menimbulkan Bercak Pada Wajah

Karena bahan-bahan kimia dan bakteri yang berbahaya, make-up palsu juga dapat memicu ruam atau bercak-bercak yang bikin wajah kasar. Seorang dermatologis bernama Dr. Robert Burka pernah mengatakan kalau ia bahkan menemukan dua hingga tiga pasien setiap bulannya yang terkena dermatitis kulit akibat make-up palsu. Saat diteliti, ia menemukan tingginya kandungan timah, berrylium, dan bakteri di dalam make-up palsu yang beredar di pasaran.

Mengandung Racun

Daily Mail pernah melakukan penelitian terhadap serangkaian make-up palsu. Hasilnya, ditemukan kadar racun yang tinggi! Racun alias arsenic ini bisa mengakibatkan hal yang nggak boleh disepelekan. Mulai dari sakit perut, rasa seperti tersetrum, bahkan kalau dipakai terus-menerus bisa mengakibatkan kematian.

Infeksi Mata

Nggak sedikit kasus iritasi mata yang diadukan ke sejumlah dokter setelah cewek-cewek menjadi korban makeup palsu. Di Amerika, seorang cewek bernama Katie Brown mengaku pernah memakai eyeshadow Urban Decay palsu, dan setelah itu kelopak matanya langsung membengkak dan penglihatannya jadi buram.

Mengakibatkan Luka Bakar

Saat seseorang menggunakan produk yang tinggi akan merkuri, timah, cyanide, racun, dan sederet bahan-bahan bahaya lainnya, tentu akan timbul reaksi-reaksi aneh yang nggak diinginkan. Korban lain di Amerika bernama Louise Emery pernah membeli MAC palsu. Setelah ia mengaplikasikannya pada wajah, ia merasa wajahnya memanas dan timbul kemerahan seperti luka bakar. Akibat ini timbul akibat dari reaksi bahan kimia yang menjadi komposisi make-up palsu tersebut. Sampai-sampai Louise harus berurusan dengan dokter dan mengonsumsi antibiotik selama dua minggu. Lima bulan setelah peristiwa itu, kulit Louise pun menjadi sangat sensitif.

(RAMA| Photo: cd2.stylecraze.com)

Send this to a friend