Teknologi dan komputasi merupakan kategori dengan impresi terbesar di platform iklan ponsel Opera di Indonesia, diikuti oleh gim (game), media sosial, layanan komunikasi, musik, video, dan media.

Data tersebut merupakan laporan terbaru dari Opera Mediaworks mengenai Mobile First Insights (MFI) untuk kawasan Asia-Pasifik (APAC), termasuk Australia, India, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Laporan ini juga menemukan walaupun pendapatan iklan pada mobile web platform masih lebih besar dari aplikasi, namun tingkat click-through pada platform aplikasi dua kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan click-through pada web.

Hal ini membuktikan bahwa bisnis aplikasi memiliki peluang sangat menjanjikan di Indonesia. Pendapatan iklan aplikasi juga meningkat 3,2 kali dibandingkan tahun sebelumnya, dan hampir 60 persen lebih tinggi daripada rata-rata pertumbuhan di Asia-Pasifik.

Sementara itu, iklan in-app menyalip mobile web di hampir seluruh pasar Asia-Pasifik, kecuali Indonesia dan India. Click-through pada aplikasi 1,3 hingga 2 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan click-through pada web di semua negara Asia-Pasifik yang disurvei.

( L6 | Photo : wersm.com )

Send this to a friend