Berbicara dengan seseorang mengenai masalah dapat membantu meringankan beban dan mengurangi stres. Sayangnya tidak semua orang punya pendengar yang baik. Oleh sebab itu, Sehatmental.id membuat Yuksharing, sebuah wadah untuk mendengarkan setiap cerita dan keluh kesah yang dialami oleh teman-teman.

Bagi kamu yang butuh tempat untuk curhat, kalian dapat mengakses Yuksharing melalui line@ official (@yuksharing) supaya kamu bisa cerita ke tim peer counselors ini akan mendengarkan kamu dan berusaha memberikan respons yang bermanfaat. Saat ini, teman line@ official Yuksharing sudah mencapai lebih dari seribu.

Tim peer  counselors Sehatmental.id diawasi oleh dr. Zulvia Oktanida Syarif, Sp.KJ., psikiater di  RSUD Tarakan. Layanan ini bisa dinikmati secara gratis. Sebagai catatan tim peer  counselors Sehatmental.id tidak melakukan diagnosis maupun treatment. Diagnosis dan treatment untuk penyakit mental hanya bisa dilakukan oleh tenaga profesional seperti psikologi atau psikiater. Peer counselors akan merujuk ke tenaga profesional tersebut jika ternyata masalah kamu  tidak cukup dibantu melalui chat.

Selain memberikan konseling melalui media digital, Yuksharing juga akan hadir dalam event tahunan Sehatmental.id (bekerjasama dengan Kuningan City Mall Jakarta), Mental Health Fest pada tanggal 12 Oktober 2019  yang lalu. Sehingga, pengunjung bisa berkonsultasi langsung secara tatap muka dengan para psikolog dan psikiater. Mental Health Fest adalah event untuk memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia.

Berbicara kepada seseorang adalah langkah pertama untuk mendapat bantuan ketika kamu sedang berada dalam masalah. Meminta pertolongan bukanlah tanda bahwa  kamu lemah. Sebaliknya, itu adalah tanda bahwa kamu bertanggung jawab dan kamu ingin keadaan mentalmu lebih baik. Bagi kamu yang ingin lebih lanjut belajar tentang kesehatan mental, kamu bisa ikuti Instagram @sehatmental.id dan website sehatmental.id.

Send this to a friend