Bicara tentang musik, kita sebagai anak muda Indonesia sedikit banyak harus bersyukur atas kondisi negara yang mendukung hadirnya musik-musik luar tanpa melupakan perkembangan musik karya anak bangsa. Bukan hanya berkaitan dengan dari mana musik itu berasal, tetapi negara ini juga cukup terbuka dengan berbagai macam genre musik. Selama bertahun-tahun, hingga detik ini, industri musik di Indonesia sudah dihadiri berbagai macam genre, baik dari pop, indie, jazz, rock, dan juga RnB.

Indie, jazz, dan rock, biasanya lebih memiliki segmentasi pendengar yang lebih spesifik. Tidak semua orang dengan pengetahuan dan selera musik yang awam dapat dengan mudah menyukai tiga genre musik tersebut. Namun, permasalahannya cukup berbeda dengan genre pop dan RnB. Kedua genre tersebut lebih menjurus pada genre yang mainstream. Tipe musik yang disajikan pun biasanya lebih easy listening. Jadi, tidak heran bila pada akhirnya kebanyakan orang secara umum lebih mudah menerima dua genre musik ini.

Mengingat musik RnB menjadi salah satu genre musik yang cukup mudah diterima kuping masyarakat, maka tidak heran bila ada banyak penyanyi RnB, terutama dari luar negeri yang digemari masyarakat Indonesia. Seperti Ne-Yo, misalnya. Tapi, penyanyi RnB tidak berhenti di Ne-Yo saja. Lebih kurang satu tahun lalu, tepatnya 9 Juli 2017, Mac Ayres, penyanyi dari negara Paman Sam merilis single pertamanya dengan judul “I’ve Always Been”. Lagu tersebut terkesan seperti sebuah opening atau intro pengenalan dirinya dan musiknya kepada masyarakat. Karena, lagu yang disuguhkan pun hanya berdurasi sepanjang 1:55.

Tidak berhenti di intro pengenalan dirinya dan musiknya saja, pelantun I’ve Always Been itu langsung merilis album dengan 9 lagu di dalamnya pada 11 Agustus 2017. Track dengan judul Easy pun berhasil menjadi lagu dengan streaming terbanyak dibanding lagu Mac Ayres yang lain di Spotify. Sejauh ini, Easy berhasil mengumpulkan sebanyak 8.542358 jumlah streaming. Hal ini juga menjadi tanda dari langkah awal kesuksesan dirinya di industri musik.

Dengan kesuksesan Easy, pria dengan suara RnB yang khas itu kembali merilis single lagu terbaru di tahun 2018. “Stay” lah yang menjadi judul dari single lagu Mac Ayres kali ini. Lagu ini memberikan vibe yang tidak jauh berbeda dengan dua lagu andalan dia sebelumnya, I’ve Always Been dan Easy. Karena di sini kita masih bisa merasakan lagu dengan vibe slow dan soft RnB yang kental. Juga cocok untuk didengarkan sembari bersantai menikmati hujan di sore hari.

Wajar bila single terbaru Mac memiliki vibe yang tidak jauh berbeda dengan dua lagu andalan dia sebelumnya, karena itu semua bagian dari mem-branding dirinya sebagai seorang musisi, yaitu dengan warna dan vibe musik sendiri. Namun, ada yang menarik dari lagu Stay ini, yaitu dimana lagunya terdengar lebih ‘fresh’ sedikit karena ada unsur instrument lain yang disajikan di dalamnya. Hentakan drum yang serta suara bass dan gitar memberi nuansa yang menarik dari lagu ini. Bukan hanya itu, sedikit banyak instrumental yang tersajikan terdengar seperti live, yang artinya bukan direkam dari suara drum, bass, ataupun gitar secara elektronik, tetapi terasa live. Terasa alami. Instrumentalnya terasa ‘asli’. Suara Mac pun yang menjadi kunci utama dari lagu ini. Gaya bernyanyi dia masih sama, tetapi terasa lebih ‘light’ dan sedikit banyak tidak terasa se-galau itu suaranya dibanding dua lagu andalan sebelumnya. Walau sebenarnya lagu ini memiliki lirik yang super galau, loh.

Coba didengerin deh single lagu terbaru Mac Ayres yang berjudul Stay ini. Dan hayati liriknya serta indahnya melodi dan suara Mac dalam membawakannya. Cocok buat kamu yang lagi ingin bergalau ria sambil menikmati secangkir teh hangat di pagi hari, mungkin. Kamu juga nggak bakal nyesel deh dengerin suara indah pria yang satu itu. Ya, pria yang nggak lama lagi juga akan menguasai dunia musik internasional dengan kecirikhasannya dalam bermusik, bernyanyi, dan menyampaikan pesan dari lirik di lagunya.

 

(sasyasp | Foto: Last.fm | Editor: Amalia R.}

Send this to a friend