Mungkin sering kali kamu merasa malas dengan segala kegiatan kamu, dan ingin bermalas-malasan saja di rumah sambil nonton acara ini itu. Itu merupakan hal yang sangat manusiawi terlebih lagi jika ada terlalu banyak kegiata ataupun deadline yang harus kamu kerjakan, sehingga kamu sampai tidak memiliki waktu untuk memanjakan dirimu sendiri. Terdapat beberapa tips yang bisa membantu kamu mengusir rasa malas kamu jauh-jauh, apa saja tips nya?

  • Hentikan kebiasaan menunda pekerjaan

Beda orang, beda juga alasannya. Kamu harus mengerti betul apa yang membuatmu melakukan kebiasaan ini. Ketika kamu sudah mengerti apa penyebabnya, kamu harus cari cara untuk bisa menyingkirkan hal yang mendistract kamu tersebut.

  • Cari motivasi

Rasa malas juga bisa berawal dari kurangnya motivasi. Jika kamu tidak memiliki motivasi dalam hidup kamu, kamu tidak akan pernah tahu hidup seperti apa yang benar-benar kamu inginkan. Kamu tidak akan pernah memiliki tolok ukur dalam meraih kesuksesan kamu, dan hasilnya segala usaha dan waktu kamu selama ini hanya akan terbuang sia-sia.

  • Jangan pernah lari dari tugas

Lari sesaat dari tugas mungkin baik untuk merefresh tenaga dan pikiran kamu dari segala pekerjaan yang menjemukan. Namun jika kebiasaan ini kamu lakukan berulang kali, justru hanya akan membuat pekerjaan kamu semakin menumpuk. Selain itu, kebiasaan ini juga akan membentuk diri kamu menjadi pribadi yang kurang bertanggung jawab nantinya.

  • Perbanyak gerak atau olahraga

Rasa malas akan muncul mulai kamu bangun tidur, dan semakin lama kamu berbaring-baring di atas kasur, semakin besar pula rasa malas itu ada. Untuk mengurangi rasa malas tersebut coba kamu lakukan olahraga ringan seperti stretching di atas kasur sambil mengendalikan nafas kamu. Dengan melakukan olahraga, pacuan jantung kamu akan semakin cepat dan hal itu akan membuat kamu semakin semangat.

  • Beri penghargaan pada diri sendiri

Dengan memberi penghargaan pada diri kamu sendiri, kamu akan terasa semakin termotivasi untuk melakukan segala kegiatan kamu dengan baik. Misalkan, setelah 6 hari penuh kamu melakukan segala kegiatan yang menguras tenaga dan waktu kamu, maka sisakan 1 hari untuk memanjakan diri kamu seperti memakan makanan favorit, menonton film, membaca novel ditemani minuman hangat, dan sebagainya.

Itu dia beberapa tips yang bisa banget untuk bantu kamu mengusir rasa malas. Mudah, bukan? Namun sebelum melakukan semua tips di atas, hal yang terpenting yaitu niat dari diri kamu sendiri. Selamat mencoba!

(shinta | foto : pinterest.com)

Send this to a friend