Mudik sudah menjadi tradisi lebaran warga Indonesia pulang ke kampung halamannya untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara disana. Berbagai persiapan pun dilakukan mulai kendaraan hingga barang yang ingin dibawa. Berikut adalah tips mengemas barang bawaanmu agar lebih efisien dan tidak ribet.

  • Jangan membawa barang yang tidak berguna

Pertama-tama buatlah list barang yang akan kamu bawa saat di perjalanan, bawalah barang yang sekiranya disana berguna dan akan kamu gunakan. Tinggalkan barang atau kurangi jumlahnya, seperti aksesoris. Aksesoris memang menunjang penampilan kamu pada saat hari raya, cukup bawa yang berwarna netral agar bisa dipadukan dengan busana yang kamu bawa dan bawa seperlunya saja.

  • Menggulung baju menghemat ruang ransel atau koper

Disarankan untuk tidak melipat baju, gulunglah pakaian yang kamu bawa saat mudik agar mendapatkan ruang yang cukup untuk bawaan yang lain. efisien bukan?

  • Masukkan charger handphone ke dalam wadah kacamata

Cara yang satu cukup mudah dilakukan. Gulung kabel charge handphone kemudian ikat dengan karet lalu masukkan kedalam wadah kacamata. Selain mudah dicari kabel pun tidak akan kusut.

  • Ganjal makeup yang berbahan kaca dengan menggunakan kapas

Makeup yang kamu bawa rawan pecah? Ganjal saja makeup kamu menggunakan kapas, caranya ambil beberapa kapas, lalu taruh dan ganjal kapas tersebut didalam makeup kamu. Kemudian letakkan makeupmu di pouch agar mudah dicari.

  • Masukkan barang-barang yang sering diambil kedalam satu tas

Woman packing handbag

Jangan gabungkan pakaian yang ditaruh di ransel atau koper dengan barang yang sering kamu ambil, hal ini akan memudahkan kamu dan tidak perlu repot-repot mengambilnya. Bawalah slingbag atau tas kecil lainnya, untuk kamu masukkan seperti makeup, charger, headset, powerbank, dompet, dll.

 

Itulah cara sederhana yang bisa kamu lakukan saat ingin mudik lebaran, bawa yang perlu saja agar di perjalanan kamu bisa menikmati hiruk pikuknya perjalanan. Selamat bersiap mudik!

 

 

(Amalia R. |Foto: boombastis.com, wikihow.com, selipan.com, tempo.co)

Send this to a friend