Masalah bau mulut saat berpuasa membuat aktifitas sehari-hari kamu menjadi tidak nyaman. Selama saat berpuasa kita tidak diperbolehkan makan dan minum, maka keadaan mulut yang kering dapat menyebabkan bau mulut. Hal ini juga menyebabkan kadar air liur jadi berukurang, padahal air liur berfungsi untuk menetralisir asam yang dihasilkan dari plak.

Hal lain yang dapat menyebabkan bau mulut adalah kurang bersihnya menyikat gigi, namun tak hanya menyikat gigi yang bersih saja dapat mencegah bau mulut. Berikut tips mudah mencegah bau mulut saat berpuasa.

  • Bersihkan mulut menyeluruh hingga bersih

Caranya ialah menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride yang berfungsi untuk menghilangkan plak dan sisa makanan kamu, lalu bersihkan lidah menggunakan alat khusus untuk membersihkan lidah, atau gunakan sikat gigi yang pada bagian belakang terdapat pembersih lidah. Kemudian, gunakan obat kumur anti bakteri.

 

  • Minum banyak air mineral

Air mineral memang banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mencegah bau mulut. Caranya sangat mudah, perbanyak minum air mineral saat sahur. sebab kondisi mulut yang kering dapat menyebabkan bau mulut. Maka perbanyaklah minum air mineral saat sahur dan berbuka.

 

  • Hindari konsumsi makanan yag berbau menyengat

Setelah makanan yang kita makan dicerna maka akan diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh termasuk par-paru, hal ini dapat menyebabkan napas yang kurang enak.

 

  • Berhenti merokok

Jika kamu ingin napas yang segar saat berpuasa, maka berhentilah merokok, karena tembakau dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

 

Itulah tips yang mudah dan sederhana untuk dilakukan agar mencegah bau mulut yang tak sedap saat berpuasa, jangan lupa juga untuk menjaga pola hidup yang sehat agar kesehatan tubuh pun tetap terjaga.

 

(Amalia R. | Foto: Pinterest.com)

Send this to a friend