Sering kali program menurunkan berat badan yang kita rencanakan terhambat akibat nafsu makan berlebih. Sehingga bukan berat badan justru berat badan yang inginkan hanyalah sebuah halusinasi. Oleh karena itu, diperlukan cara mengurangi nafsu makan. Showbiz akan kasih tips nih, tentang lima cara yang bisa dilakukan saat olahraga untuk mengurangi nafsu makan anda. Scroll down, guys!

Pilih Olahraga Kesukaan Anda

Jika anda menganggap olahraga adalah suatu beban berat yang tidak menyenangkan, anda kan terdorong untuk melakukan pelampiasan ke makanan setelah olahraga selesai, demikian menurut penelitian Cornell University Food and Brand Lab pada tahun 2014.
Kebanyakan dari diri kita menganggap bahwa dengan berolahraga berjam-jam , maka kita diperbolehkan makan sepuasnya untuk melampiaskan amarah hawa lapar yang didalam perut kita.
Namun, jika anda menganggap sesi latihan anda menyenangkan, anda tidak akan terdorong untuk “balas dendam” seperti itu.
Para peneliti bahkan menmukan, bahwa semakin anda merasa sesi olahraga anda menyenangkan, semakin dikit camilan atau asupan tidak sehat yang anda makan sepanjang hari itu.

Lakukan Latihan Interval

Menurut penelitian dari University of Western Australia mengungkap, pria yang melakukan latihan interval dengan intens selama 30 menit, mengasup 170 kalori lebih sedikit dibanding pria yang berolahraga ringan selama satu jam.
Para peneliti percaya, dengan melakukan latihan interval secara intens dapat menurunkan kadar hormon ghrelin yang berfungsi merangsang nafsu makan dan meningkatkan kadar laktat darah dan glukosa. Keduanya dalam jangka pendek, dapat menekan keingin untuk makan
Cobalah lari dengan kecepatan tinggi selama satu menit lalu lajutkan dengan jogging dengan kecepatan sedang selama empat menit. Ulangi semampu anda. itulah yang dilakukan para pria relawan yang makan lebih sediki sesuai penelitian tersebut.

Cukup Minum

Dehidrasi sering “menyamar” sebagai rasa lapar, demikian menurut Purdue University. Berkeringat saat olahraga tapi anda tidak segera minum, tubuh anda akan dehidrasi yang mengundang nafsu makan anda.
Untuk mengetahui berapa banyak air yang dibutuhkan selama olahraga, cobalah untuk menimbang berat badan sebelum dan sesudah. Jika berat badan langsung turun setelah sesi latihan, berarti anda perlu meningkatkan lebih asupan cairan pada tubuh anda.

Berlatih Yoga

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa berlatih yoga dapat mengurangi perilaku makan tanpa berpikir panjang hingga sebesar 51 persen.
Selain itu, yoga bisa membantu anda lebih sensitif terhadap pesaan kenyang. Sehingga, anda terhindar dari kebiasaan makan yang berlebihan.

Melompat dan Berlari

Jenis latihan yang menggunakan kaki dan melawan garvitasi dapat mengurangi nafsu makan secara signifikan, sesuai penelitian yang dimuat dalam jurnal Appetite pada tahun 2013.
Para peneliti meminta beberapa relawan melalukan latihan sepeda statis dan lompat tali. Hasilnya, relawan yang melakukan latihan tersebut mengalami penurunan nafsu makan, lebih besar dari relawan yang berlatih sepeda statis.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang sedang menjalani program diet. Jangan lupa perhatikan asupan yang anda makan ya, guys. Karena hal tersebut sangat penting untuk kesehatan tubuh.

(Showbizindonesia.com : Header : www.womenshealthmag.com)

Send this to a friend