Dewasa ini, usia bukan menjadi patokan orang dapat terbebas dari ancaman diabetes. Penyebab utama dari diabetes yaitu tingginya kadar gula dalam darah. Gaya hidup yang kurang sehat juga menjadi salah satu faktor penyebab penyakit gula ini kini mulai rata hinggap dalam segala usia.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas (kelenjar ludah perut) tidak memproduksi cukup insulin, atau ketika tubuh tidak secara efektif menggunakan insulin.

Bagi kalian penggemar makanan manis, ada baiknya untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan yang dipilih. Berikut tips-tips mencegah diabetes bagi kalian penggemar makanan manis.

 

  • Hindari segala hal yang memicu untuk mengkonsumsi makanan manis

Kebanyakan orang mencari makanan manis ketika mereka sedang stress atau suasana hatinya sedang tidak beres. Hal ini sebenarnya sangat beresiko karena mengkonsumsi makanan manis pada saat seperti itu akan membuat kita ingin mengkonsumsi lebih banyak lagi.

  • Olahraga teratur

Dengan beraktifitas seperti jalan santai dan yoga, tubuh sudah berolahraga setidaknya 30 sampai 45 menit setiap hari. Kebiasaan baik ini akan memberi kontribusi positif dalam mencegah penyakit diabetes.

  • Tidur cukup

Tak hanya makanan dan olahraga yang diperatikan, istirahat yang cukup juga tak kalah pentingnya. Tidur selama 7-8 jam sehari adalah keharusan dalam membuat tubuh tetap terjaga staminanya. Tidur larut malam dan atau menjelang pagi juga berisiko kena diabetes dan hipertensi.

  • Ubahlah kebiasaan buruk

Kebiasan-kebiasan buruk seperti konsumsi makanan cepat saji atau makanan tak sehat ada baiknya dihindari karena beresiko terkena diabetes. Begitu juga kebiasaan duduk lama yang turut jadi penyebab diabetes.

  • Rutin cek kesehatan

Yang terakhir adalah harus selalu rutin cek kesehatan. Mencegah lebih baik dari mengobati, oleh karenanya dianjurkan untuk monitoring kadar gula darah rutin. Cek kesehatan rutin ke dokter menjadi keharusan supaya kita bisa mengkontrol gula darah dalam tubuh.

 

(Vani Ch | photo : hellosehat.com)

 

Send this to a friend