Pernahkah kamu tidak merasa jatuh tetapi melihat disekitar area tubuhmu tiba-tiba ada bercak memar? Diantara kamu pasti bingung apa penyebab mengapa tiba-tiba memar. Jangan khawatir, inilah penyebab memar yang tidak kamu ketahui.

  • Memar terjadi akibat pembuluh darah ‘bocor’ dan mengeluarkan sel darah mereka keluar, dekat dengan permukaan kulit. Beberapa bagian tubuh seperti betis atau daerah tulang kering, lebih mudah memar karena tak memiliki banyak ‘penghalang’.

 

  • Tidak hanya itu, obat-obatan atau suplemen juga merupakan salah satu penyebab timbulnya memar tiba-tiba. Apakah kamu sedang mengonsumsi pengenver darah, aspirin, atau ibuprofen akhir-akhir ini? sebab, obat-obata itu bisa membuat pembuluh darahmu mudah pecah.

 

  • Hal yang harus kamu lakukan saat timbulnya bercak memar dibagian tubuhmu adalah kompres daerah yang memar dengan es batu, kemudian istirahatlah untuk mengurangi pembengkakan pembuluh darah. Dan pakailah compression bandage untuk memperlambat laju darah dan mengurangi ukuran memar tesrsebut.

 

  • Jika kamu sering melihat tiba-tiba adanya memar di bagian tubuh kamu, kamu tidak perlu panik atau ketakuan. Sebab, kamu bisa saja hanya kekurangan vitamin. Dianjurkan untuk rutin mengonsumsi multivitamin atau minum jus nanas untuk mencegah memar berkelanjutan.

 

Semoga bermanfaat!

 

(Amalia R. | Foto: hellosehat.com)

Send this to a friend