Meskipun dalam keadaan berpuasa, alangkah baiknya kita melakukan aktifitas positif, menyenangkan, serta menyehatkan tubuh. Jangan sampai puasa dijadikan sebagai alasan untuk bermalas-malasan.

Penelitian menunjukkan bahwa puasa selama 30 hari berturut-turut tidak diiringi dengan olahraga dapat meregresi kekuatan dan kebugaran tubuh. Oleh karena itu, penting bagi umat islam untuk menjaga aktifitas fisik rutin selama bulan ramadan, termasuk olahraga.

Lakukanlah olahraga ringan, tidak perlu seberat biasanya. Berikut adalah beberapa macam olahraga yang bisa jadi pilihanmu untuk tetap berolahraga selama bulan puasa!

  • Jogging

Kegiatan jogging ini menjadi salah satu pilihan alternatif sebagai aktifitas yang positif dan bermanfaat saat bulan ramadan. Sebab, jogging dapat memabantu mengendalikan dan mencegah diabetes. Kamu bisa lakukan olahraga jogging ini pada pagi hari setelah sahur, dan sore hari sebelum berbuka.

  • Bersepada

Olahraga yang satu ini memberikan manfaat baik bagi kebugaran tubuh yaitu untuk mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Olahraga ini bisa kamu lakukan pada saat menunggu adzan magrib.

  • Senam aerobik

Senam yang diiringi dengan musik ini menjadi salah satu olahraga favorit. Olahraga ini biasanya dilakukan pagi hari minggu pagi, dan dapat kamu temui dilapangan, taman, dan pelataran parkir yang biasanya dipimpin oleh instruktur senam. Jangan khawatir kelelahan, kurangi saja intensitas senam kamu menjadi beberapa menit saja.

  • Senam Pilates

Pilates merupakan versi kontemporer dari yoga yang memiliki bebagai manfaat untuk kesehatan kamu. Olahraga ini termasuk yang mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Manfaat senam pilates diantaranya adalah mengencangkan otot, mengatur pernapasan, dan mengatur berat badan. Sangat cocok untuk kegiatan mengisi waktu luang pada bulan puasa ini.

 

 

(Amalia R. | Foto: pinterest.com, hellosehat.com, kesekolah.com)

Send this to a friend