Tanpa sengaja, kita terkadang terbentur dan mengenai beberapa bagian tubuh yang membuat rasanya tidak nyaman. Hal tersebut disebut luka memar, yang dimana bagian tubuh yang terbentur tidak mengalami luka luar melainkan luka dalam. Luka dalam ini akan muncul dengan tanda-tanda warna biru atau ungu pada kulit, jika terpencet sedikit akan terasa sakit. Nah, untuk mengatasi luka memar tersebut yuk simak 3 cara kompres luka memar ini.

  1. Gunakan Cuka Apel

Cuka apel biasanya untuk mengobati penyakit dalam, namun ternyata bisa untuk mengobati luka memar loh. Caranya mudah, cukup campurkan cuka apel dan air dingin secukupnya dalam mangkuk, kemudian ambil handuk kecil dan kompres pelan-pelan. Lakukan hal tersebut 2 kali sehari ya guys.

 

  1. Kompres dengan Peterseli

Selain untuk bahan penyedap makanan, ternyata daun peterseli juga dapat meredakan luka memar kamu. Dengan adanya sifat antiradang yang terkandung dalam peterseli ini maka sangat cocok untuk penyembuhan untuk luka memar. Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu menumbuk sampai halus dan kemudian oleskan pada luka memar.

 

  1. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya memang tidak ada habis-habisnya ya guys, gel pada lidah buaya mampu mengurangi luka memar yang terjadi pada tubuh kita. Nah, bagi kalian yang mempunyai lidah buaya cukup di dinginkan di dalam kulkas, kemudian tempelkan gel-nya pada kulit yang terkena luka memar.

 

Nah, jadi selain air dingin ternyata bisa diatasi dengan bahan-bahan tersebut ya guys. Selain khasiat nya yang baik juga dapat ditemukan di sekitar kita. Kalau luka memar kalian tidak kunjung sembuh, cepat-cepat konsultasikan ke dokter ya. Selamat mencoba.

(Meity|Foto: 1health.id|Editor:Monika)

Send this to a friend