Telinga Sakit Saat Di Pesawat? Atasi Dengan Cara Ini

Berpergian dengan pesawat seringkali membuat kita merasa jenuh ketika berada didalamnya. Apalagi jika kamu melakukan penerbangan yang lama, tak hanya bosan, namun juga memengaruhi kondisi tubuh. Beberapa keluhan seperti, kaki membengkak, bau mulut, kulit wajah mengelupas, metabolisme menurun, kepala pusing dan sakit gigi ini pasti sering kamu rasakan ketika melakukan penerbangan.

Namun, terdapat satu keluhan yang biasanya banyak orang alami yakni, pendengaran yang melemah. Telinga yang terasa tersumbat dan sakit ini terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara saat berada di daratan dan udara, istilah ini lebih dikenal dengan gejala Barotrauma.

Lalu, bagaimana cara mengatasi telinga yang sakit saat berada dalam pesawat? Yuk, simak 5 tips dibawah ini;

  • Menguap dan menelan ludah.

Dengan menguap, udara yang tersumbat didalam saluran tuba akan keluar, sehingga kamu tidak akan merasa sakit lagi. Begitu pun dengan menelan ludah yang akan menggerakkan otot rahang, sehingga tabung eustachius kembali terbuka.

  • Menguapi telinga.

Menguapi telinga bertujuan untuk membebaskan udara yang membelenggu didalam telinga. Lalu, bagaimana caranya? Kamu hanya cukup menyiapkan tisu dan air panas, lalu celupkan tisu ke dalam air dan dekatkan tisu dengan lubang telinga, biarkan udara hangat menggantikan udara yang tersumbat di telinga.

  • Menutup hidung.

Cara ketiga yaitu dengan menutup hidung, lalu menarik nafas perlahan dan biarkan berhembus melalui telinga. Cara ini tidak akan berhasil ketika kamu mengeluarkannya melalui mulut, dan jangan lakukan terlalu keras karena dapat membahayakan organ pendengaranmu.

  • Makan permen dan minum air putih.

Cara yang paling ideal untuk menggerakkan otot rahang yakni, dengan makan permen dan minum air putih. Apalagi jika kamu membawa bayi, biarkan mulut mereka tetap mengunyah agar tidak menangis kesakitan saat berada di dalam pesawat.

  • Ambil dekongestan.

Terakhir, cara ini tidak disarankan bagi kamu yang mengidap penyakit jantung atau sedang hamil, kecuali mendapat persetujuan dari dokter. Dengan mengonsumsi obat ini, kamu tidak akan merasa sakit pada telinga dan kepala, karena obat ini mempunyai efek untuk mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di rongga hidung.

( KEVIN | Photo: klm.com )

Author: redaksi

1499 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Music Video : Ardhito Pramono »

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend