Kulit putih mungkin menjadi salah satu alasan yang mudah muncul ketika membicarakan kecantikan. Apalagi, ketika kita melihat wajah-wajah artis K-pop. Beberapa penjual produk pemutih kulit pun banyak bermunculan di beberapa tahun terakhir. Namun, perlu diingat bahwa kulit putih bukan pertanda kulit sehat, lho.

Kondisi musim dan cuaca yang berbeda antara Indonesia dengan negara lain seperti Korea membuat perbedaan kadar pigmen dalam kulit. Ini salah satu faktor rona kulit penduduk Korea berbeda dengan kita orang Indonesia.  Pigmen adalah penentu warna kulit. Di dalam pigmen, terdapat melanin yang berfungsi untuk menangkal sinar matahari.

Dengan kondisi cuaca Indonesia yang kaya akan sinar matahari, wajar jika kulit terlihat lebih gelap supaya mencegah efek buruk dari sinar ultraviolet. Sedangkan orang berkulit putih sepuluh kali lebih beresiko mendapat penyakit yang disebabkan oleh sinar ultra violet. Terutama kanker kulit dan keriput.

Selain itu, kita perlu menyadari adanya perbedaan kulit putih dengan pucat. Orang yang memiliki kulit pucat mungkin saja disebabkan oleh Anemia / kurang darah. Sel darah merah diperlukan tubuh untuk memproses oksigen menjadi energi. Apabila sel darah merah kurang, orang akan mengalami anemia, dimana kamu akan lebih mudah lemas dan lelah, mudah pusing dan sakit kepala, serta rentan pingsan.

NIA | photo: mediasehatku.com

Send this to a friend