Kalau kamu suka makan pedas, pastinya lidah kamu sering juga merasakan panas dan pedih. Hal tersebut terjadi karena adanya reaksi dari lidah sebagai reseptor, reseptor tersebut bisa kalian lihat pada sekujur lidah yang memiliki bintil-bintil. Selain itu cabai mengandung zat capsaicin yang akan membuat lidah terasa pedas. Nah, walaupun kalian merasakan pedas tetapi karena makanannya enak jadi tidak mau berhenti. Untuk mengurangi rasa pedas tersebut kalian pasti butuh minum untuk menetralisirnya, apa saja sih minuman tersebut? Yuk di cek.

  1. Susu

Jika kalian suka susu hal itu merupakan hal yang baik, karena susu dapat menetralisir rasa pedas. Kandungan yang terdapat pada susu yaitu casein dapat mengatasi zat capsaicin dari cabai yang kamu makan.

 

  1. Yogurt

Yogurt selain menyehatkan juga dapat meredamkan rasa panas setelah kamu makan makanan pedas. Kandungan dalam yogurt tidak beda jauh dengan susu jadi bisa kamu santap setelah makan yang pedas-pedas.

 

  1. Air Hangat

Saat pedas melanda jangan mencari air dingin tapi carilah air hangat. Air hangat merupakan cara tercepat untuk kamu yang ingin meredakan rasa pedas, karena saat diminum mungkin terasa pedih sesaat. Namun setelah itu rasa pedas akan langsung hilang.

 

Itulah beberapa minuman yang bisa meredakan rasa pedas yang kamu alami, namun kalau rasa pedas tidak kunjung hilang segera konsultasikan ke dokter. Selamat mencoba.

 

(Meity|Foto:discoverymagazine.com)

Send this to a friend