Makan pedas memang sudah menjadi favorit masyarakat Indonesia, buat kamu pecinta pedas tak lengkap rasanya bila makananmu tidak ada sensasi rasa pedas. Namun, perlu kamu ketahui jika kamu berlebihan makan pedas akan berdampak bagi kesehatanmu.

  • Perut terasa mulas

Dampak yang pertama kali akan dirasakan tentunya adalah perut terasa mulas. Hal ini menyebabkan ketidak nyamanan diri kita. Jika kamu merasakan perut mulas cobalah untuk meredakannya dengan mengkonsumsi yoghurt.

  • Gangguan pencernaan

Kamu yang terlalu banyak makan pedas akan menyebabkan iritasi usus. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan capsaicin yang bisa memberikan sensasi pedas dan panas pada perut kita.

  • Kehilangan kepekaan rasa

Selain iritasi pada usus, dampak lainnya ialah dapat mengalami penurunan sensitifitas rasa pada organ pengecap. Oleh sebab itu kita tidak bisa lagi menikmati makan lain dengan maksimal.

  • Iritasi bibir

Kebanyakan makan pedas, bibir kita tentunya akan merasakan pedas dan panas. Nah, jika kamu memakan pedas dengan berlebihan menyebabkan iritasi kulit bibir sehingga sebaiknya hindari makanan dengan porsi pedas yang berlebihan.

Segala sesuatu yang berlebihan memanglah tidak baik, apalagi terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas sekaligus akan mengakibat masalah pada kesehatanmu. Sebelum masalah itu terjadi sebaiknya untuk mengatur takaran pedas sesuai kebutuhan saja. Semoga bermanfaat!

 

(Amalia R. | Foto: pinterest.com)

Send this to a friend