Kalau kamu mendengar kata air liur atau ludah, pasti kalian berpikir itu merupakan hal yang sangat menjijikan. Padahal sebenarnya air liur yang kita miliki itu punya manfaat loh, guys. Yaitu sebagaidesinfektan alami yang dapat dengan cepat menyembuhkan luka. Misalnya saja jari yang terluka atau teriris, disarankan untuk segera dimasukkan ke dalam mulut. Ini akan membantu menghentikan pendarahan dan membuat luka cepat mengering.

Melalui hasil penilitian yang dilaporkan di The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB), para peneliti dari Belanda telah mengidentifikasi zat di dalam air ludah manusia yang mempercepat penyembuhan luka yaitu histatin. Histatin sendiri merupakan protein kecil yang sebelumnya berfungsi sebagai pembunuh bakteri dan ternyata terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka.

Para peneliti berharap bahwa air liur dapat memberikan harapan untuk menyembuhkan luka yang diakibatkan oleh penyakit kronis seperti diabetes dan luka bakar. Hasil penelitian itu juga telah menjawab mangapa binatang selalu menjilati luka pada tubuhnya dan luka pada area mulut, seperti luka setelah pencabutan gigi mengalami proses penyembuhan yang relatif cepat.

Selain itu air liur dapat mengungkapkan apa yang sudah dimakan, obat-obatan apa yang pernah dikonsumsi dan sampel air liur juga bisa digunakan untuk menunjukkan berapa banyak obat tertentu dalam tubuh.

Air liur yang dianggap jorok dan menjijikan ternyata ada manfaatnya juga ya, guys. Jadi jangan menganggap suatu hal yang jorok itu tidak berguna, contohnya air liur.

(Showbizindonesia.com : Header : 3.bp.blogspot.com)

Send this to a friend