Selain Rendang, 5 Makanan Indonesia Ini Juga Terkenal di Kancah Internasional

Keragaman budaya Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke tidak perlu diragukan lagi dimata dunia. Tak hanya diplomasi budaya dan pariwasata yang dipamerkan ke publik mancanegara, tapi diplomasi budaya dari segi kuliner pun tak kalah penting peranannya untuk mendorong daya tarik turis Asing.

Hal ini dibuktikan dengan tercapainya penghargaan pada kuliner yang diolah dari santan kelapa ini, rendang, sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International, pada 2011 silam.

Selain olahan rendang, berikut 5 kuliner Indonesia yang sudah mendunia;

  • Ayam Betutu

Dilansir dari blog berita kemlu.go.id, Sabtu (8/7) kuliner asli Bali ini baru saja dipamerkan dalam ajang festival kuliner yang diadakan di Beijing. Olahan daging ayam panggang dengan cita rasa rempah-rempah ini rupanya mampu menjadi daya tarik warga Tiongkok untuk mencicipi kuliner tersebut.

  • Gudeg

Kuliner dari nangka muda yang diolah bersama dengan gula palem dan santan ini memang banyak diminati oleh turis mancanegara. Yap, benar saja, makanan khas Yogyakarta ini rupanya dapat kamu jumpai di restoran yang berada di kawasan Clayton Road, Melbourne, Australia.

  • Nasi Goreng

Seperti halnya ayam betutu, nasi goreng juga diperkenalkan lewat festival kuliner di Beijing, Sabtu (8/7) kemarin. Namun, jauh sebelumnya makanan satu ini sudah dipamerkan oleh Barack Obama sendiri sebagai makanan lezat menurut dirinya. Pada 2010 pun, kuliner ini disajikan dalam ajang World Expo Shanghai di Cina.

  • Gado-Gado

Mendunianya masakan gado-gado ini pertama kali disajikan dalam acara perlombaan memasak tingkat Internasional yang diadakan di Napoli, Italia dan berhasil meraih peringkat pertama pada 2010 silam.

  • Olahan Tempe

Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini nampaknya sudah sering terdengar di kancah dunia. Apalagi, tempe sendiri sudah banyak digemari oleh masyarakat London, tak tanggung-tanggung pengusaha streetfood ‘Warung Tempeh’ yang terletak di jantung ibu kota Inggris ini rela mengimpor olahan tersebut dari Indonesia. Keren yah!

( KEVIN | Photo: resep.live )

Author: redaksi

1501 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Music Video : Ardhito Pramono »

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend