Buah yang berasal dari pohon aren ini ternyata meiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan bahkan dapat memperkuat tulang. Buah dengan bentuk oval yang identik bening biasanya di sajikan pada menu berbuka puasa. Kelezatan buah ini menjadi salah satu topping pada es buah, es campur, dan macam-macam es lainnya. Dibalik kelezatannya, terdapat banyak manfaat untuk tubuh:

  • Melancarkan pencernaan

Buat kamu yang sedang mengalami masalah pencernaan, cocok banget menyantap kolang-kaling. Karena serat yang terkandung dalam kolang-kaling sangat baik untuk sistem pencernaan.

  • Membantu mengobati radang sendi

Kandungan yang terdapat pada kolang kaling ialah zat galaktomanan yang biasanya dipakai untuk bahan dasar obat nyeri radang sendi. Caranya cukup mudah, rebus kolang kaling tanpa menambahkan gula atau pewarna makanan lalu konsumsi secara rutin.

  • Memperkuat tulang

Tak hanya memperkuat tulang kandungan yang ada didalam kolang kaling juga bisa mencegah osteoporosis. Sebab, kolang kaling mengandung kadar kalsium yang tinggi yang mana mampu menjaga kekuatan tulang.

  • Bisa untuk diet

Kamu yang sedang menjalankan program diet, cocok banget nih mengonsumsi kolang kaling, karena karbohidrat yang terdapat pada kolang kaling bisa sebagai sumber energi tubuh. Maka dari itu cocok juga menjadi teman santap buka puasa untuk me-recharge energimu yang seharian beraktifitas pada saat puasa.

  • Kaya vitamin

Banyak sekali manfaat yang terkandung pada buah ini. bisa juga menjadi alternatif untuk memenuhi vitamin harian tubuh, diantaranya vitamin A, B, dan C. Vitamin A sendiri mempunyai khasiat memperkuat penglihatan, B dipercaya baik untuk peremajaan kulit, dan C untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Wah, paket vitamin yang lengkap!

 

(Amalia R. | Foto: Pinterest.com)

Send this to a friend