Hayo, siapa yang suka lupa waktu kalau lagi stalking akun media sosial doi? Kabar baiknya, untuk pengguna Iphone, beberapa waktu ke depan Iphone akan merilis fitur baru bernama Screen Time. “Screen Time” ini akan menjadi salah satu “App Limits” bawaan pada setiap iPhone dengan iOS 12. Fitur ini akan dirilis mulai bulan September nanti.

Kelebihan dari “Screen Time” tersebut adalah penggunanya bisa mengetahui seberapa lama dalam menghabiskan waktu untuk bermain media sosial setiap harinya. Tidak hanya untuk media sosial, screen time ini juga berfungsi untuk memberi tahu seberapa lama pengguna menghabiskan waktu untuk work-based app seperti Outlook atau Microsoft Office, serta seberapa lama menghabiskan waktu untuk streaming di aplikasi seperti Netflix atau pun Youtube. Bahkan, penggunanya juga bisa mengetahui seberapa lama dalam menghabiskan waktu dengan iPhone setelah “Bedtime”. Menarik bukan?

Ketika sedang asik bermain dengan aplikasi atau media sosial tertentu, fitur ini akan memeberikan peringatan seperti “Five minutes left for Instagram today!” Notifikasi seperti ini akan menjadi hal yang umum di iPhone terbaru nantinya. Bisa saja ketika sedang sibuk stalking mantan di Instagram, aplikasi tersebut tiba-tiba tertutup dengan sendirinya.

Fitur terbaru yang akan dirilis ini bisa jadi pengukur atau pengingat waktu dalam menggunakan handphone. Tentunya akan sangat baik dan dinilai bisa membantu pengguna dalam mengatur waktu bermain dengan smartphone, sehingga  selain bermain secara maya, pengguna bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk diri sendiri dan keluarga secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti Google, Apple sedang membantu pengguna untuk mendapatkan keseimbangan hidup yang lebih baik dan sehat antara gadget dan kehidupan nyata. Dengan ini, pengguna bisa melacak aplikasi yang mengirimkan notifikasi terbanyak setiap harinya. Dan bisa mengetahui kebiasaan yang pengguna lakukan dengan gadgetnya. Fitur ini bisa membantu dalam menetapkan batas waktu untuk setiap aplikasi. Jadi iOS akan memberitahu langsung kalau penggunanya telah menggunakan aplikasi tersebut di luar batas yang telah ditetapkan.

Fitur ini sangat cocok sekali untuk pengguna sosial media yang hobi stalking “mantan” atau “doi”. Biar waktunya tidak terbuang sia-sia hanya untuk stalking dan mengabaikan dunia nyata sehingga kehidupan kurang seimbang, tentunya fitur ini baik dan bisa diterapkan untuk mengurangi kecanduan dalam bermain gadget.

 

(Silvi | Foto: Genmuda.com)

Send this to a friend