BELAJAR PUBLIC SPEAKING LEWAT BUKU “SADAR BERKISAH

Aviscenna Venra, atau yang biasa dipangggil Cenna, adalah penulis buku berjudul “OTW Success”, pengajar public speaking, yang pernah dinobatkan sebagai “The Youngest Inspiratory in Asia” pada tahun 2013 di umurnya yang ke 16. Cenna sudah berkeliling ke hampir 200 sekolah menengah atas dan universitas di seluruh Indonesia untuk memberikan semangat entrepreneur kepada anak muda.

Setelah sukses dengan buku pertamanya “OTW Success”, Cenna kembali menulis buku keduanya yang berjudul “Sadar Berkisah”. Di buku keduanya ini, Cenna mengangkat topik mengenai komunikasi efektif. Dalam mempelajari komunikasi efektif, buku ini memperkenalkan dunia public speaking sebagai alat untuk mengasah kemampuan diri dalam berkomunikasi.

Di dalam buku ini juga dijelaskan apa saja skill-skill yang harus dikuasai oleh public speaker, bagaimana public speaker melakukan pembukaan, membuat konten, dan penutupan. Akan tetapi, fokus pembahasan dalam buku “Sadar Berkisah” ini bukan pada bagaimana (how), buku ini terfokus pada kenapa (why). Buku ini mengajak orang untuk sadar akan pentingnya komunikasi efektif, kenapa komunikasi penting untuk dipelajari, yaitu dengan cara public speaking.

Selain hanya menjadi sebuah buku, “Sadar Berkisah” nantinya akan diturunkan menjadi sebuah pelatihan (training) public speaking selama 2 hari dan sebuah komunitas. Sadar Berkisah akan hadir untuk siswa/i sekolah menengah atas dan mahasiswa/mahasiswi sekolah tinggi atau universitas. Metode yang akan disampaikan di pelatihan ini adalah 20% teori, 30% diskusi, dan 50% praktek.

Selain pelatihan, terdapat juga Sadar Berkisah Community. Sadar Berkisah Community ini merupakan program lanjutan setelah Sadar Berkisah Training yang menjawab masalah communication field. Sadar Berkisah Community menyediakan sebuah lingkungan kondusif untuk para anggotanya untuk berkembang, baik dalam manajerial diri, maupun manajerial organisasi dengan menjadi pelaku dalam medan komunikasi yang nyata.

Sadar Berkisah Community akan membekali mereka dengan 5 skill yang dibutuhkan para milenial untuk bisa berkembang. 5 skill tersebut adalah Creativity, Cognitive Flexibility, Critical Thinking, People Management, dan Leadership. Nantinya terdapat 7 kelas yang akan diikuti oleh para anggota komunitas. Di akhir periode, anggota akan melakukan sebuah project yang akan menjadi incubator mereka dalam menjalani ilmu-ilmu yang sudah dibekali.

Aviscenna Venra berharap dengan adanya buku “Sadar Berkisah” ini, orang-orang akan lebih memperhatikan dan lebih sadar bahwa komunikasi itu penting, dan ingin anak muda belajar komunikasi efektif dengan cara melatih kemampuan public speaking.

Penulis; Tri Wahyu
Editor: Elga T.

Send this to a friend