Di Beijing, ibu kota China, terdapat sebuah rumah makan padang. Rumah makan ini diklaim sebagai rumah makan bernuansa Indonesia yang terbesar yang berada di luar negeri.

Rumah makan padang ini milik Yusuf Ma Yutong, seorang warga negara China dari daerah inner Mongolia. Rumah makan padang ini berada di daerah San Li Tun, Beijing.

Yusuf Ma mengatakan dia mendirikan restoran ini sekitar 3 tahun yang lalu setelah berkunjung ke Indonesia dan merasa kangen dengan masakan Indonesia. Restoran ini, katanya, luasnya 2.000 meter persegi dalam satu lokasi yang berada di sebuah mal. Dengan luas sebesar itu, dia mengklaim restorannya sebagai restoran khas Indonesia yang terbesar di dunia.

Sekitar 50% bahan makanan yang disajikan diimpor dari Indonesia. Kokinya pun berasal dari Indonesia. Akan tetapi sekitar 90% konsumennya adalah orang China setempat.

Restoran halal food ini juga dilengkapi dengan dekorasi yang didatangkan dari Indonesia termasuk dinding kayu dan kursinya. Salah satu ruangan yang digunakan Yusuf Ma untuk menemui wartawan dari Indonesia diberi nama Bukittinggi.

“Saya mengangkat masakan Padang jadi masakan bintang lima,” ujar Yusuf Ma berpromosi. Ma adalah sebutan khas China untuk kependekan dari Muhammad.

Restoran Padang milik Yusuf Ma berupaya mengadopsi desain yang khas dengan nuansa hutan hujan tropis. Ada pohon besar di tengah restoran, ditambah dengan berbagai burung di dalam sangkar. Sejumlah lukisan Bali ikut menjadi penghias ruangan.

Menu makanan yang paling populer di restoran ini adalah nasi goreng, ikan, rendang, serta sate.

(sumber : bisnis.com/ photo : malay.china.com)

Send this to a friend