Review Film – Insya Allah Sah: Perjuangan Menuju Pelaminan

Lebaran kali ini tidak hanya menjadi momen bagi umat Muslim, namun juga untuk perfilman Indonesia. Yap, tepat 25 Juni kemarin film ‘Insya Allah Sah’ yang disutradarai Benni Setiawan resmi dirilis.

Film bertajuk drama komedi ini dibintangi oleh Pandji Pragiwaksono sebagai Raka, Titi Kamal sebagai Silvi, dan Richard Kyle sebagai Dion. Rupanya ‘Insya Allah Sah’ ini diadaptasi dari novel karangan Achi TM dengan judul yang sama.

​Diawal film mengisahkan Silvi, desainer muda, yang sedang dikejar waktu untuk menuju proses lamaran yang sudah ditetapkan oleh Dion, calon suami. Namun, selama perjalanan ditemukan berbagai macam kendala seperti, kena tilang dan ban bocor, hingga terjebak didalam lift bersama pemuda lugu dan alim bernama Raka. Kepanikan Silvi ketika berada didalam lift tersebut, seketika membuat dirinya bernazar seperti apa yang dilakukan oleh Raka. Hingga pintu lift terbuka, lantas Dion langsung melamar Silvi.

Cerita pun berlanjut karena Raka terus membayangi Silvi atas nazar yang telah diucapkan, sampai ia terus diberi cobaan dan masalah untuk menuju proses pelaminannya. Raka pun mampu mengajak Silvi berhijrah dan menunaikan semua nazarnya. Tak hanya itu peran Donita sebagai Kiara juga mampu meredakan kegundahan Silvi selama ia berjuang untuk menuju proses pernikahan karena didalam plot juga diceritakan, Silvi mengalami penipuan yang dilakukan oleh Wedding Organizer, Andi (Arie Untung) dan Anna (Happy Salma), serta butiknya yang dirampok.

Lalu apakah Dion bisa menerima semua perubahan Silvi? Karena Silvi dan Dion sebelumnya memiliki gaya hidup yang jauh berbeda dan terbalik dengan keadaan terakhir plot cerita.

Film drama komedi garapan MD Pictures ini dibalut dengan guyonan tawa yang diperankan oleh Reza Rahardian dan Prilly Latuconsina pada awal cerita. Cameo pun berlanjut ketika Tata Ginting berperan sebagai polisi bernama ‘Sabar Ikhlas’, Fitri Tropica dengan gayanya yang khas, Bayu Skak, Alexa Key, Gary Iskak, Lydia Kandou dan Deddy Mizwar dengan akting mereka masing-masing yang bakalan membuat kalian tertawa selama menonton. Kemudian ada juga Ira Maya Sopha, Ferdy Taher, Joe P Project, Budi Dalton, Budi Arab, Marcella Zalianty dan Karina Suwandi.

Dari segi penokohan yang paling menonjol dan totalitas yakni Panji Pragiwaksono sebagai Raka, dengan memakai wig gondrong, diberi tahi lalat, dan gaya bicara yang aneh. Sedangkan dari segi cerita sendiri cukup ringan dan dapat diikuti tanpa harus membaca novel sebelumnya. Alur ceritanya pun menurut penulis mudah terbaca dan tergambar.

Jika dibandingkan dengan alur cerita pada novel, film ini dinilai belum klimaks karena dalam novel diceritakan betapa sulitnya Silvi melakukan perubahan dalam proses hijrahnya, dan juga proses perbaikan hubungan dengan Dion. Sehingga drama yang disajikan kurang menyentuh. Untungnya film ini memiliki dialog yang rapih dan apik. Pemilihan humor yang dirasa sudah pas dan tepat, mampu mengajak kalian tertawa lepas sepanjang menonton film ini.

Dilihat dari segi kemanfaatan dari film ini ialah kemampuan Benny menyelipkan pesan-pesan religi yang patut untuk diteladani. Sehingga cocok ditonton bersama keluarga, terkhusus bagi kamu pasangan muda yang ingin menikah dalam waktu dekat. Secara umum penulis memberi nilai 6.5 dari skala 1-10 untuk film ini.

So, jangan ragu untuk menonton film ‘Insya Allah Sah’ yang sudah dirilis sejak 25 Juni kemarin.

(KEVIN | Photo: biem.co)

Author: redaksi

1501 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Music Video : Ardhito Pramono »

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend