Kesehatan dan kecantikan kerap kali menjadi pusat perhatian banyak orang terutama wanita. Banyak sekali produk-produk obat kecantikan dan kesehatan yang ditawarkan pada saat ini. Produk tersebut pun memiliki daya tarik yang tinggi terutama harga yang murah dan instant.

Untuk para wanita di luar sana, sebaiknya disarankan untuk menggunakan produk-produk yang berbahan alami untuk mengurangi resiko efek samping yang berkepanjangan. Salah satunya ialah Cuka Apel. Cuka Apel memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

  • Membantu Menghilangkan Jerawat.

Cuka apel dipercaya memiliki kemampuan antibakteri untuk melawan jerawat-jerawat diwajah. Caranya cukup dengan mengganti toner dengan cuka apel. Caranya gunakan pada titik-titik jerawat di wajah menggunakan kapas.

  • Membantu Menghilangkan Noda Hitam.

Noda hitam merupakan ciri kulit yang mengalami penuaan. Mencuci mukadengan menggunakan cuka apel dapat membantu kulit mengalami regenerasi loh, hal tersebut karena cuka apel memiliki banyak kandungan asam hidroksi yang dipercaya dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Caranya gunakan pada noda hitam menggunakan kapas.

  • Membantu Mengobati Infeksi Jamur (keputihan)

Cuka apel memiliki sifat antiseptik yang membantu dalam pengobatan infeksi jamur, seperti Candidiasis yang menyebabkan keputihan. Cara menggunakannya cukup campurkan cuka apel sebanyak 1 ½ cangkir ke dalam bak air hangat dan kemudian rendam ke dalamnya selama 20 menit. Hal ini dilakukan sehari sekali selama 3 hari.

  • Membantu Mengurangi Rasa Diare

Kandungan pektin dalam apel dapat menjadi obat untuk mengatasi diare, karena zat ini bertindak untuk melapisi lapisan usus yang meradang. Hal ini dapat digunakan dengan hanya menambahkan 2 sendok makan cuka apel dalam segelas air, yang dapat diminum tiga kali sehari.

  • Membantu Mengurangi Bau Mulut Tak Sedap

Cuka dari sari apel dapat digunakan untuk meredakan bau mulut. Cara nya dengan mencampur 15 ml cuka apel dalam satu cangkir air kemudian berkumur selama sepuluh detik.

  • Membantu Menghilangkan Bau Badan

Cuka apel dipercayai pula dapat menghilangkan bau-bau yang tak sedap seperti bau badan dan bau kaki, hal ini sangat menggangu dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Untuk digunakan sebagai deodoran, bersihkan ketiak dengan bola kapas yang dicelupkan ke dalam cuka apel setiap pagi. Untuk bau kaki, penggunaan ½ cangkir cuka apel dan campurkan dalam wadah air hangat dan rendam kaki selama sekitar 15 menit seminggu sekali.

 

 

(Monika | Foto: Cantikmenawan.com | Editor: Amalia R.)

Send this to a friend