Manusia diciptakan dengan penuh pengetahuan dan juga khayalan. Seperti sekarang, beberapa orang zaman dulu sempat memprediksikan tentang teknologi yang kemungkinan bisa muncul atau kemungkinan tidak muncul karena berbagai sebab. Namun, dengan berkembangnya ilmu, banyak sekali hal yang tidak mungkin ternyata bisa dibuat. Apa saja ya?

  • Kereta Cepat

“Perjalanan rel dengan kecepatan tinggi tidaklah mungkin karena penumpang akan tidak bisa bernapas dan meninggal akibat asfiksia (sesak nafas),” kata Dr. Dionysys Larder, Profesor Filosofi Alam dan Astronomi University College London, pada era 1800-an. Di Jepang saat ini sudah terdapat kereta peluru, hanya butuh 2 jam 30 menit dari Tokyo menuju Osaka yang berjarak 500 km.

  • Pesawat Tidak Bisa Terbang

“Terbang dengan mesin yang lebih berat dari udara adalah tidak praktis dan tidak signifikan, jelas-jelas tidak mungkin,” ujar Simon Newcomb, ahli astronomi dan matematika berkebangsaan Kanada-Amerika. 18 bulan setelah ia mengatakan ini, Wright Bersaudara berhasil terbang di Kitty Hawk, Carolina Utara.

  • Mobil Hanya Tren

Pada tahun 1903, Presiden Michigan Savings Bank sempat menasihati Henry Ford agar tidak berinvestasi di Ford Motor Company. “Kuda akan tetap bertahan, tetapi mobil hanyalah hal baru, sebuah fad (tren sesaat),” katanya. Nyatanya, Henry Ford menjadi hartawan karena kesuksesannya di industri mobil.

  • Masa Depan Bioskop Akan Suram

“Bioskop hanya sedikit di atas fad. Hal itu adalah drama yang dikalengkan. Apa yang audiens benar-benar inginkan adalah darah dan daging di panggung,” kata Charlie Chaplin. Ia menjadi sutradara dan aktor film bisu yang paling ikonik dan berjaya semasa hidupnya.

  • Televisi Tidak Bertahan

“Televisi tidak akan bertahan karena orang-orang akan segera kelelahan menatap kotak plywood tiap malam,” kata Darryl Zanuch, produser film 20th Century Fox saat itu. Namun, 20th Century Fox ternyata menjadi pemain penting di industri televisi AS sekarang. Industri televisi pun semakin mendunia dan banyak orang rela menonton tv maraton dari season ke season.

NIA | photo : techno.okezone.com

Send this to a friend