Pentingnya Apresiasi untuk Tengku Shafick

Tengku Shafick, seorang komposer dan penanyi Indonesia ini ungkapkan pikirannya mengenai industri musik Indonesia. Menurutnya musik Indonesia sudah sangat maju dan dapat disejajari dengan musik mancanegara. Namun apa pendapatnya dengan industrinya?

Menurut Tengku Shafick, industri musik di Indonesia kurang sehat. Ia mengatakan demikian karena maraknya pembajakan musik di Indonesia. “Banyak sekali pembajakan-pembajakan sehingga otomatis para musisi ini tidak mendapat apresiasi yang baik dan kehidupan yang sejahtera. Karena maraknya pembajakan ini kita jadi malas berkarya, karena nggak ada yang apresiasi” ujarnya.

Ia pun tak memungkiri bahwa untuk membuat suatu karya terutama di bidang musik membutuhkan tenaga lebih, pikiran, produksi, dan waktu. Sehingga mengapresiasi para musisi terutama di Indonesia sangatlah penting.

Tengku Shafick juga mengatakan bahwa jika masyarakat Indonesia sendiri mengapresiasi musik dalam negri, Indonesia dapat menembus musik dunia. Ia percaya bahwa menghargai musik Indonesia dapat membawa produk dalam negri ini menembus pasar luar. “Musik Indonesia memang harus punya identitas, sepeti musik tradisional, itu sudah menjadi identitas kita. Tinggal bagaimana di mix and match dengan balutan pop.” Kata Tengku Shafick.

Ia pun ingin untuk membuat satu karya lagu-lagu melayu dan tradisional agar dapat dilihat bahwa Musik Indonesia memiliki identitas sendiri. “Kita harus bangga memiliki musik tradisional yang tidak ada di manapun di dunia. Jadi balik lagi ke masyarakatnya, kita harus mensupport musik dalam negri jika kita ingin mendapat support dari dunia. Kan nggak lucu kalo dunia support lagu kita tapi kita sendiri nggak support” ujarnya sambil mengakhiri perbincangan.

Tengku Shafick adalah salah satu komposer dan penyanyi Indonesia. Ia telah menciptakan banyak lagu-lagu top Indonesia termasuk ‘Mendendam’ milik Marcell Siahaan. Saat ini, selain menciptakan lagu, Tengku Shafick juga merupakan salah satu anggota dari 3 Composer. 3 Composer adalah grup yang berisikan 3 komposer Indonesia yaitu Tengku Shafick, Bamby Noor, dan Mario Kacang. – SN | Photo: Kapanlagi.com

Author: redaksi

1501 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Music Video : Ardhito Pramono »

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend