Begadang memang selalu dikenal sebagai aktifitas yang kurang baik. Akibat yang akan ditimbulkan ketika seseorang terlalu sering begadang tidak hanya berefek pada kesehatan fisik namun juga mental. Terdapat beberapa studi yang mengatakan bahwa akan ada beberapa gangguan mental yang kemungkinan akan ditimbulkan ketika seseorang terlalu sering begadang, antara lain:

  1. Kinerja otak menurun (lemot)

Kurang tidur akan membuat kamu kurang bisa konsentrasi, den ketika kamu kurang bisa berkonsentrasi, kamu juga bakalan susah untuk menerima segala informasi baru. Proses penerimaan informasi baru pada otak akan berlangsung lebih lama dibandingkan ketika kamu memiliki waktu tidur yang cukup.

  1. Gampang lupa

Pada tahun 2009 terdapat studi yang mengatakan bahwa terdapat peristiwa pada otak, yaitu pentransferan memori jangka pendek dari hipokampus menuju memori jangka panjang pada neokorteks, dan peristiwa ini sebagian besar terjadi ketika tidur. Jadi, itulah sebabnya ketika kamu kurang tidur, maka daya ingat kamu pun juga akan menurun.

  1. Sering galau

Zat yang membuat seseorang merasa bahagia ternyata sama dengan zat yang dihasilkan ketika kita tidur. Sehingga, ketika seseorang memiliki waktu tidur yang kurang, makan zat tersebut juga akan dihasilkan dalam jumlah yang sedikit.

  1. Mood labil

Kamu pasti sering lihat anak-anak yang ketika mengantuk, mood mereka berubah menjadi buruk dan suka rewel. Sebenarnya hal tersebut juga terjadi pada orang dewasa. Kurangnya tidur akan membuat orang lebih cepat tersulut emosinya.

 

Dari beberapa kemungkinan di atas, adakah yang sudah pernah kamu alami ketika kamu kekurangan tidur? Setelah melihat kemungkinan-kemungkinan di atas, yakin masih mau forsir tenaga kamu? Ingat, kamu juga perlu buat sayangi diri kamu sendiri.

 

(Shinta | Foto: pinterest.com)

Send this to a friend