Obesitas merupakan suatu kondisi tubuh yang memiliki kadar lemak yang banyak sehingga menyebabkan badan menjadi gemuk atau memiliki berat badan berlebih. Setiap orang memang diharuskan memiliki sejumlah lemak untuk menyimpan energi dan lainnya. Namun jika jumlahnya berlebihan, maka lemak yang menimbun dapat merugikan metabolisme tubuh.

Kelebihan berat badan atau obesitas bukan hanya sekedar mempengaruhi lebar pinggang, tetapi menimbulkan efek yang lebih buruk. Berikut adalah ancaman obesitas bagi kesehatan tubuh:

  • Penyakit Jantung

Bahaya obesitas dapat memicu terjadinya serangan jantung, sebab lemak yang berlebih dapat menutupi pembuluh darah pada jantung sehingga menjadi tersumbat. Jika hal ini terjadi, maka serangan jantungpun dapat terjadi termasuk jantung koroner.

  • Kolesterol Tinggi

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih mungkin untuk memiliki kolesterol tinggi, suatu kondisi di mana kadar lipoprotein low-density (LDL atau kolesterol ‘buruk’) dan trigliserida terlalu tinggi dan tingkat lipoprotein densitas tinggi (HDL atau ‘ baik ‘kolesterol) terlalu rendah. Tingkat abnormal lemak darah ini merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

  • Stroke

Menurut penelitian, seseorang yang menderita obesitas ternyata lebih beresiko terserang stroke daripada orang yang memiliki ukuran tubuh sedang. Hal ini terjadi karena penderita obesitas cenderung memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan terkena diabetes yang akan memicu terjadinya stroke.

  • Diabetes Tipe 2

Diabetes adalah gangguan metabolisme di mana tubuh tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup untuk mengatur kadar glukosa darah atau insulin yang dihasilkan tidak dapat bekerja secara efektif. Obesitas meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Sebuah laporan tahun 2014 di Inggris menyatakan bahwa obesitas adalah faktor risiko utama yang dapat dimodifikasi untuk diabetes tipe 2. Menurut laporan itu, 90 persen orang dewasa dengan diabetes tipe 2 di Inggris kelebihan berat badan atau obesitas pada tahun 2014.

  • Kanker

Kanker terjadi ketika sel-sel di dalam tubuh mulai tumbuh abnormal atau di luar kendali. Menurut CDC, kanker merupakan penyebab kedua kematian di dunia. Sementara ada beberapa faktor risiko untuk mengembangkan kanker, kelebihan berat badan adalah salah satu dari faktor tersebut.

Obesitas meningkatkan risiko pengembangan kanker tertentu, seperti kanker payudara, usus besar, rektum, rahim, kandung empedu dan kanker ginjal.

 

 

(Putri O.H | Foto: Aladokter.com)

Send this to a friend