Mengganti nasi putih menjadi nasi merah seringkali dikenal sebagai salah satu cara diet / menjaga pola hidup sehat. Nasi merah memang memiliki kandungan gizi yang berbeda dengan nasi putih. Apakah kamu tahu perbedaannya?

  • Memiliki serat yang lebih tinggi

Dalam memproduksi beras ini, tidak ada pembuangan kulit, sehingga lebih bernutrisi. Di dalam satu gelas beras merah, terkandung 218 kalori, 4.5 gram protein, 3.5 gram serat, 1.8 gram lemak, dan 45.8 karbohidrat. Sedangkan dalam satu gelas beras putih mengandung 242 kalori, 4.4 gram protein, 0.6 gram serat, 0.4 gram lemak, dan 53.2 gram karbohidrat. Beras merah memiliki lebih tinggi kandungan serat dan kalori yang lebih rendah ketimbang beras putih.

  • Lebih kaya akan mineral

Dalam satu porsi beras merah terdapat 86 mg magnesium dan 150 mg fosfor, sedangkan beras putih hanya memiliki 24 mg magnesium dan 69 mg fosfor. Magnesium berguna untuk menjaga imunitas, jantung, dan saraf. Sedangkan, fosfor berguna untuk menjaga kesehatan ginjal, tulang, dan gigi.

  • Lebih banyak vitamin

Beras merah adalah sumber vitamin B6 yang baik. Satu porsi beras merah mengandung 0.2 mg thiamine, 2.6 mg niacin, dan 0.3 vitamin B6. Beberapa beras putih yang dijual kini ditambahkan vitamin B yang umumnya hilang pada proses produksi, padahal vitamin B sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

  • Indeks glikemik lebih rendah

Indeks glikemik adalah kemampuan makanan untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Jika indeks glikemik rendah, maka diindikasikan bahwa makanan itu lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Untuk kamu yang ingin mengontrol gula darah, sangat cocok untuk mengonsumsi beras merah. Beras merah memiliki indeks glikemik 55 sedangkan beras putih 86.

  • Kalori lebih sedikit sehingga efektif menurunkan berat badan

Kalori yang lebih sedikit membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Serat yang lebih tinggi juga membuat kamu lebih cepat kenyang dan tidak makan berlebihan. Namun, tidak hanya mengganti konsumsi dari nasi putih menjadi nasi merah, kamu juga perlu mengimbanginya dengan olahraga untuk membakar kalori.

 

NIA | photo: vemale.com

Send this to a friend