Patung garuda wisnu kencana akan menjadi patung tertinggi kedua di dunia,  hal ini akan mengalahkan patung Liberty dan Laykun Sekya Buddha Myanmar. Garuda wisnu kencana berdiri menjulangkan tinggi di kompleks taman budaya Garuda Wisnu Kencana. Patung ini merupakan karya dari pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dijadikan sebagai ikon pariwisata Bali dan Indonesia.

GWK merupakan patung yang berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu dipercaya adalah Dewa pemelihara, mengendarai burung garuda. Tokoh pada garudanya dapat dilihat pada Garuda dan Kerajaannya, yang berkisah mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

Rencana pembangunan patung GWK diproyeksikan untuk mengatur tata ruang dan jarak pandang sampai dengan 20 km, sehingga dapat terlihat dari Kuta, Nusa Dua, Sanur, hingga Tanah Lot.

Patung garuda wisnu kencana akan menjulang setinggi 121 meter, proses pembangunan sudah mencapai 70 persen. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja, seberat 4.000 ton. Material pembangunan patung di impor dari Jepang, negara-negara Eropa, serta Amerika Latin. Kontruksi bangunannya diyakini akan tahan gempa dan angin. Targetnya patung GWK akan rampung pada bulan agustus 2018. udah ada yang pernah kesana belum?

 

(Amalia R. | Foto: merahputih.com)

Send this to a friend