Kendondong merupakan buah yang umumnya banyak tumbuh di daerah tropis dan termasuk kedalam Agiospermae. Dalam bahasa inggris kedondong kerap disebut otaheite apple atau great hog plum, di Indonesia sendiri kendondong kerap di jadikan manisan atau sebagai rujak. Rasa nya yang masam namun sedikit manis sangatlah cocok untuk dinikmati siang hari. Kedondong juga sebagai salah satu primadona dikalangan wanita yang sedang mengandung, tidak sedikit wanita yang tengah hamil mengidam buah kedondong. Di balik itu semua kedondong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang jarang orang ketahui.

  • Sebagai obat batuk alami

Kata orang dulu kebanyakan makan kedondong dapat menyebabkan batuk, tapi faktanya buah kendondong memiliki senyawa alami yang ampuh meredakan rasa gatal pada tenggorokan. Sedikit tips nih buat cara penyajiannya, parut buah kedondong sampe halus kemudian pisahkan sari buah kedondong dari ampasnya kemudan minum air dari perasan buah kedondong secara berkala hingga rasa gatal di tenggorokan mereda.

  • Mengatasi sakit perut atau diare

Buat yang lagi ngrasain sakit perut akibat diare buah kendondong recommended banget buat ngatasin nya. Karna buah kendondong mengandung asam yang tinggi sengingga dapat membantu pembentukan asam lambung alami.

  • Mempercepat sembuhnya luka kulit

Nah buat para cewe-cewe yang takut keluar rumah karena punya luka tapi ngga sembuh-sembuh, buah kedondong bisa jadi alternative nih. sebab buah kedondong mengandung Vitamin C yang cukup tinggi, setiap 100 gram buah kendondong mengandung Vitamin C sekitar 34 mg. selain sebagai Antioksidan Vitamin C juga berperan sebagai Nutrisi yang dapat mempercepat regenerasi sel. Karna itulah luka yang kalian derita akan cepat tertutup berkat pertumbuhan sel yang baru.

  • Menjaga kesehatan mata

Jaman sekarang orang ngga pernah bisa jauh dari yang namanya gadged. contohnya yang plaing sering kalian rasain, waktu bangun tidur pasti yang pertama di cari samartphone kalian. padahal sinyal biru dari gadged dapat merusak mata loh, nah makanya kita harus menjaga kesehatan mata selain dengan mengurangi penggunaan gadged bisa juga dengan sering mengkonsumsi buah kendondong. Selain mengandung Vitamin C yang tinggi buah kendondong juga memiliki  Vitamin A yang cukup besar sehingga bisa membatu menjaga kesehatan mata.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari buah kedondong. Kalian bisa memanfaatkannya untuk menyembuhkan beberapa penyakit karena kandungan didalamnya

(Dio | foto : bukalapak) – (editor : Salman)

Send this to a friend