Banyak orang menanggap bahwa mengonsumsi makanan atau minuman manis bisa menyebabkan diabetes. Ya, kandungan gula yang berlebih dalam makanan manis bisa saja bisa memicu timbulnya penyakit tanpa disadari. Namun ternyata, masih ada manfaat dari makanan manis, lho!

1. Sebagai Sumber Energi

Seperti yang kita tahu, sumber energi biasanya dipoleh dari karbohidrat. Namun, ketika digunakan sebagai sumber energi, karbohidrat akan diubah terlebih dahulu menjadi glukosa. Glukosa nantinya akan mengalir akan mengalir melalui aliran darah ke sel-sel tubuh untuk diubah menjadi energi. Namun, tidak semua sel tubuh akan menggunakan glukosa sebagai energi. Sel-sel di dalam otot dan hati akan menyimpan glukosa sebagai cadangan energi. Saat tidak ada makanan yang masuk ke tubuh atau jika tubuh kekurangan energi, secara alami cadangan glukosa tersebut akan digunakan.

2. Makanan Manis Bisa Memperbaiki Suasana Hati

Makanan manis seperti coklat, kue, ice cream, pancake atau permen bisa menjadi makanan yang bisa kamu santap saat sedang badmood. Makanan manis bisa meningkatkan hormon pengurang stress dalam diri kamu, lho. Tapi, tetap perhatikan asupan makanan manis ini, ya. Jangan sampai kamu mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat menjadi pemicu gangguan kesehatan.

3. Membantu Meningkatkan Produksi Insulin

Bagi kamu penggemar dark chocolate atau cokelat hitam, ternyata makanan manis ini dapat membantu produksi insulin dalam tubuh yang akan membantu mengubah glukosa menjadi energi.Cokelat hitam mengandung banyak sekali flavonoid. Kandungan flavonoid pada cokelat ini bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Flavonoid pada cokelat hitam ternyata juga mampu mengatur penyerapan karbohidrat pada saluran pencernaan, melindungi dan menjaga fungsi sel beta pankreas (yang sering kali terganggu pada mereka yang mengalami diatebes melitus tipe 2) dan meningkatkan kemampuan sensitivitas insulin. Adanya kadar insulin yang stabil, akan membuat kada glukosa dalam tubuh stabil.

4. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Gula yang terdapat dalam makanan manis merupakan sumber energi pilihan otak. Otak memperoleh gula melalui aliran darah dari pati dan gula. Sel-sel otak membutuhkan sebanyak dua kali energi seluruh tubuh. Sehingga, mengonsumsi makanan manis dapat meningkatkan daya ingat, proses berpikir, dan konsentrasi.

Nah itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan tubuh kamu saat mengonsumsi makanan manis. Namun, kamu harus tetap memperhatikan jumlahnya, ya! Karena makanan manis yang berlebihan dapat menyebabkan diabetes, obesitas, dan kerusakan gigi.

Kamu hanya perlu mengonsumsi gula sekitar 50 gram atau setara 4 sendok makan per hari.

(Amel, foto: Pinterest)

Send this to a friend