Mengenal Sejarah Denim

Banyak dari kalian pasti suka mengenakan baik celana, baju atau jaket berbahan jeans/denim untuk penampilan kalian sehari-hari. Tapi apakah kalian tahu mengenai sejarah jeans/denim tersebut?

Denim pertama kali dibuat pada tahun 1560-an di Genoa, Italia. Bahan denim disebut jeans dan berasal dari bahasa Perancis, bleu de genes, atau celana biru dari Genoa.Denim pada mulanya digunakan untuk keperluan pelayaran dan bukan untuk busana. Penggunanya kebanyakan industri pelayaran Perancis dan Republik Genoa yang sekarang menjadi bagian Italia modern.

Pada tahun 1800 an di Genoa dicoba membuat celana dari bahan kain denim ini. Ternyata celana dari denim ini banyak yang menyukai tidak hanya masyarakat Genoa melainkan juga warga Perancis. Asal mula dinamakan Jeans, Masyarakat Perancis menamai celana dari denim buatan Genoa dengan nama Genes atau celana dari Genoa. Orang Inggris dan Amerika melafalkannya menjadi Jeans.

Awalnya jeans memang dibuat dengan sebuah pemikiran sederhana, yaitu bagaimana membuat celana yang kuat dan bisa digunakan untuk menambang. Dan ternyata  jeans justru berkembang menjadi fenomena fashion yang tak lekang oleh zaman. Bahkan di tahun 1970-an, jeans sempat menjadi salah satu simbol pemberontakan terhadap kemapanan.

Untuk saat ini, Denim jeans menjadi salah satu produk fashion yang digemari dan banyak diadopsi juga oleh para designers.

( YUNI F | foto: images.wrangler.com )

Author: redaksi

1462 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Music Video : Ardhito Pramono »

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend