Manfaat Mengonsumsi Daging Belut Bagi Penderita Anemia

Bagi sebagian orang, belut dianggap sebagai hewan yang menjijikan. Selain karena bentuknya seperti ular, belut juga hidup di sungai, rawa, dan sawah yang membuat kulitnya licin dan berlendir.

Belut termasuk hewan yang digolongkan seperti ikan, karena tekstur tubuh yang memiliki sirip ekor serta bentuk daging yang menyerupai ikan. Maka dari itu, belut bisa dijadikan sebagai salah satu hewan yang layak dikonsumsi. Masyarakat pedesaan biasanya mengonsumsi belut karena dianggap menjadi hama sawah yang bisa mengagalkan panen para petani.

Namun, dibalik itu semua belut memiliki kandungan gizi yang hampir sama seperti ikan. Salah satunya adalah kadar kandungan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan ikan. Untuk seekor belut saja, zat besi yang terkandung sekitar 20 mg/100gram. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingan dengan kandungan pada telur dan daging yang hanya 2,8mg/100gram.

Zat besi yang terkandung dalam belut tersebut berfungsi untuk mencegah penyakit anemia atau kekurangan darah merah. Karena setiap hari tubuh kita memerlukan sebanyak 25 mg per hari untuk dapat memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Maka jika kita mengonsumsi 125 gram belut setiap hari, kebutuhan akan zat besi bagi tubuh kita akan tertutupi dengan daging belut tersebut.

Selain itu, belut juga memiliki manfaat yang terkandung didalamnya seperti fosfor untuk mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang dan mencegah penyakit osteoporosis, kandungan kalori yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan tubuh, dan kaya akan vitamin B yang berfungsi untuk menurunkan resiko terjadinya pembekuan darah pada otak serta vitamin A mencapai 1600 SI pada belut yang berguna bagi pertumbuhan, kesehatan mata, dan juga sistem produksi.

Tidak hanya itu saja, belut pun bermanfaat bagi wanita untuk menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker payudara karena adanya kandungan Arginin didalam belut tersebut. Namun, dalam mengonsumsi belut ini pun ada batasannya. Karena dalam belut juga mengandung lemak yang cukup tinggi dan bisa mendatangkan penyakit kolesterol bagi kita.

(Salman | foto:okezonenews)

Author: redaksi

1501 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Music Video : Ardhito Pramono »

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend