Satu hal yang tak pernah absen saat perayaan hari natal oleh umat Kristiani yaitu menghias pohon natal. Mereka melakukannya sebagai salah satu tradisi. Tapi kalian tahu gak sih, kalau selain sebagai hiasan, pernak-pernik dalam pohon natal juga memiliki maknanya masing-masing? Nah, berikut ini Lifestyle jabarkan makna pernak-pernik pohon natal:

1. Lonceng


Bunyi lonceng identik dengan perayaan natal. Dalam pohon natal, lonceng menandakan adanya pemberitahuan atau pengumuman kelahiran Yesus dan awal musim tahun baru.

2. Lampu


Lampu-lampu yang biasanya melingkar menghiasi pohon natal ini memiliki makna cahaya sebagai kehangatan di malam natal.

3. Bintang


Bintang dalam puncak pohon natal merupakan simbol bintang di langit sebagai penerang Tiga Raja dari Timur. Saat itu, Tiga Raja datang ke tempat kelahiran Yesus. Bintang juga melambangkan kerendahan hati dan ketaatan.

4. Permen Tongkat


Pada hiasan pohon natal, tongkat itu berarti bentuk tebu untuk mengingatkan para gembala untuk memandu domba. Selain itu, warna merah permen ini melambangkan pengorbanan Kristus sementara putih melambangkan kesucian.

5. Pita


Pohon dan kado natal biasanya dihias dengan pita-pita besar. Pita menjadi simbol bagi kita agar tetap menjaga kesatuan dan perkeluargaan.

6. Lingkaran Karangan Bunga


Lingkaran karang bunga ini mewakili cinta dan menunjukkan kemurahan Tuhan yang baru di setiap paginya.

7. Bola-Bola


Bola-bola logam berwarna memiliki keajaiban untuk membantu permohonan kehadiran malaikat.

8. Buah Pinus


Hiasan berupa buah pinus dalam pohon natal menandakan kesuburan.

9. Bunga Krans

Di balik keindahan bunga krans, mempunyai makna harapan, suka cita, dan casi. Bunga krans yang dibuat melingkar ini juga memiliki makna bahwa Tuhan abadi tanpa awal dan akhir.

10. Warna Pada Pohon Natal
Pohon natal dan hiasannya terdiri dari berbagai warna. Merah adalah darah Yesus yang ditumpahkan. Perak dan emas sebagai simbol rezeki. Hijau adalah untuk pohon-pohon dan tanaman yang Tuhan ciptakan karena telah menyediakan makanan.

11. Santa Claus dan Kaus Kaki
Mempunyai makna kebaikan Tuhan dan rezeki. Santa Klaus mengisahkan seorang bernama Nicholaus yang begitu murah hati membantu orang lain. Pada malam Natal, kaus kaki digantungkan di pohon terang atau di pintu-pintu. Keesokan harinya ketika Natal tiba, kaus-kaus sudah berisi hadiah yang dibawa oleh “Santa Klaus” yang diperuntukkan bagi anak-anak yang hidupnya baik dan taat pada Tuhan.

12. Malaikat
Cinta, Kesucian dan Perdamaian merupakan makna dari gantungan malaikat yang ada di pohon natal. Karena kecintaannya kepada umatnya, kelahiran Yesus diberitakan ke seluruh dunia melalui kabar yang dibawa oleh malaikat utusan Allah. Kabar gembira ini mengandung makna damai bagi seluruh umat manusia dan kecintaan Tuhan yang rela hadir menjelma menjadi manusia di dunia.

(Amel, sumber foto: Pinterest)

Send this to a friend