Rajin sikat gigi, berkumur, menyikat lidah, dan menggunakan benang gigi (dental floss) adalah kebiasaan yang perlu dipertahankan. Banyak sekali makanan dan minuman di sekitar kita yang dapat merusak gigi. Sejumlah makanan bahkan dapat membuat gigi berlubang. Apa saja ya, makanan yang perlu dihindari?

  • Permen asam

Mungkin kamu sejak kecil diberitahu orang tua untuk menghindari permen bergula, salah satu alasannya karena dapat membuat sakit gigi dan gigi berlubang. Namun, permen asam ternyata juga punya efek merusak gigi loh. Kandungan asam yang sangat tinggi dapat mengikis enamel, lapisan terluar gigi. Parahnya, dengan kamu menyikat gigi setelah makan permen asam, tidak dapat mencegah kerusakan itu. Jika enamel sudah terlanjur pecah, menyikat gigi malah semakin mengikisnya.

  • Soda

Tahu gak sih, ternyata minuman soda mengandung gula yang sangat tinggi, yang sangat terkenal sebagai penyebab berlubangnya gigi. Selain itu, sifat soda dapat membuat mulut kering, yang dapat menjadi ladang bakteri jahat untuk semakin merusak gigi. Selain itu, kola dan minuman berwarna gelap lain juga dapat merusak warna asli gigi, lho.gigi kamu bisa terlihat lebih gelap dan kusam.

  • Es batu

Mungkin sebagian dari kalian punya hobi mengunyah es batu. Namun, ternyata hal ini mempunyai efek buruk bagi kesehatan mulut dan gigi. Mengunyah es dapat merusak email gigi sehingga gigi menjadi lebih sensitif, dan tentunya rentan patah atau retak.

  • Buah kering

Embel-embel “buah” pada namanya, tetap membuat buah kering berbeda dengan buah segar. Buah yang dikeringkan seperti kismis, aprikot, plum, sultana, dan yang lainnya, memiliki tekstur manis dan cenderung lengket. Tak menutup kemungkinan buah itu dapat terjebak di sela-sela gigi dan menjadi sasaran bakteri. Plak gigi yang menumpuk dapat membuat sakit gigi bahkan gigi berlubang.

  • Roti putih

Roti putih mengandung karbohidrat yang dapat diubah oleh liur menjadi gula. Ketika terselip, sisa kunyahan roti dapat memicu bakteri untuk bersarang dan berkembang. Lama-lama, bakteri dapat membuat gigi berlubang dan menciptakan rasa sakit yang menusuk.

NIA | photo: hellosehat.com

 

Send this to a friend