Buah naga adalah buah yang terkenal dengan begitu banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Buah naga ini mempunyai tampilan fisik dari buahnya yang tergolong unik, mulai dari kulitnya sampai dagingnya. Mungkin kita terbiasa dengan penampilan buah naga dengan kulitnya yang berwarna merah, tetapi ada juga buah naga yang berkukit kuning dan hampir sama sekilas dengan buah nanas. Buah naga ini berasal dari Amerika Tengah, tetapi berkembang dan diekpor dari beberapa negara di asia tenggara, seperti Thailand dan Vietnam. Bahasa latin dari buah naga yaitu Hylocereus undatus yang artinya buah dengan rendah kalori namun menawarkan banyak sekali nutrisi termasuk vitamin B, C, fosfor, protein, kalsium, fiber,captin dan antioksidan.

Inilah manfat – manfat yang di dapat dari buah naga ini :

  1. Mampu mencegah kanker

Sama dengan buah merah lainnya, buah naga ini mengandung lycopene. Lycopene yang bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, dan buah naga ini sudah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat.

  1. Mampu mencegah diabetes

Sifat antioksidan yang ada di buah naga ini memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus karena dapat membunuh sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Buah naga ini juga aman bagi penderita diabetes karena kadar gula yang ada di buah naga sangat kecil.

  1. Mampu mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung

Lycopene selain mempunyai fungsi sebagai pencegah kanker juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah dan mencegah penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak sebab, biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

  1. Membantu masalah pencernaan

Untuk membersihan pencernaan, makanlah buah naga. Karena buah naga mempunyai kandungan fiber atau serat yang tinggi dapat membantu pencernaan dan mengobati konstipasi atau sembelit.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah naga memiliki manfaat untuk sistem kekebalan tubuh, karena efek samping dari buah naga yang banyak mengandung nutrisi dan gizi. Jika kita rajin mengkonsumsi buah naga ini, maka proses penyembuhan baik luka luar akan semakin cepat pula.

Itudia beberapa manfaat buah naga yang akan kamu dapatkan. Semoga bermanfaat.

(Atik | Foto : Pinterest | Editor : Yolanda)

Send this to a friend