Setiap orang nampaknya pernah mengalami sakit gigi. Sakit gigi merupakan keadaan nyeri pada atau di sekitar area gigi dan rahang, dengan pembusukan gigi sebagai penyebab utama.

Sakit gigi ini disebabkan oleh adanya kerusakan gigi. Gula dan pati dari makanan yang dimakan adalah lingkungan bagi bakteri yang hidup di mulut untuk berkembang, menyebabkan terbentuknya plak yang menempel pada permukaan gigi.

Plak tersebut berkontribusi dalam menyebabkan lubang pada gigi pada lapisan keras dan putih pada bagian luar gigi.

Nah, untuk mengatasi sakit gigi tersebut kamu bisa lho menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Apa saja sih? Yuk, simak di bawah ini!

1. Garam

Garam kaya akan yodium yang bisa membantu meredakan rasa nyeri atau ngilu pada gigi. Bahkan jika menggunakannya secara rutin, garap mampu membunuh kuman penyebab sakit gigi. Untuk mengatasi sakit gigi dengan garam, kamu cukup melarutkan 2-3 sendok makan garam dengan air. Berkumurlah dengan air garam tersebut karena air garam diyakini akan cukup cepat meredakan rasa sakit mengingat adanya kandungan mineral yang mampu meredakan rasa nyeri dan peradangan pada gigi.

2. Bawang Putih

Joe Lewis, praktisi kesehatan dan ahli diet dari Amerika menyebutkan bawang putih mengandung alisin, zat yang dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi termasuk mengurangi ngilu saat sakit gigi. Tumbuk satu sampai dua siung bawang putih segar. Tambahkan satu sendok teh garam. Tumbuk sampai benar-benar lembut. Jadikan tumbukan bawang putih dan garam ini sebagai pasta gigi. Bila kering Anda bisa menambahkan olive oil untuk mengencerkannya kembali. Tempelkan dengan menggunakan tangan ke bagian gigi yang sakit. Biarkan selama 30 menit

3. Lemon

Meneteskan aid perasan lemon pada gigi yang menyakitkan dapat meredakan sakit gigi, kuat. Lemon dikenal menjadi agen antibakteri yang kuat. Jadi, lemon dapat membantu melawan bakteri dalam rongga mulut yang menjadi sebab datangnya sakit gigi.

4. Belimbing Wuluh

Kandungan yang dimiliki belimbing wuluh meliputi vitamin B, C, zat besi, antioksidan dan serat yang mampu membantu meredakan sakit gigi, batuk, dan sariawan. Kamu cukup menghaluskan satu buah belimbing wuluh, lalu oleskan ke bagian gigi yang terasa sakit. Biarkan selama sejam dan bersihkan dengan cara berkumur-kumur. Lakukan hal tersebut agar sakitnya menghilang.

5. Daun Sirih

Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai antiseptik alami. Kamu bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur.

(Amel, foto by Pinterest)

Send this to a friend