Sebagian besar orang Indonesia seringkali memulai hari dengan secangkir kopi. Di Indonesia, ada beragam jenis kopi, dan salah satunya yang menarik adalah kopi luwak. Kopi yang termasuk jenis kopi termahal di dunia ini punya berbagai keunikan dan juga manfaat kesehatan, lho!

Kopi ini disebut kopi luwak karena diambil dari kotoran (feses) musang kelapa, oleh sebab itu dikenal juga dengan nama kopi musang. Musang kelapa adalah mamalia kecil, berbulu, berekor panjang, dan suka memanjat pohon. Musang ini memakan buah dan biji-bijian, salah satunya biji buah kopi yang akan dikeluarkan bersama feses. Memisahkan biji dengan fesesnya sangat mudah, karena musang kelapa tidak dapat mencerna biji, biji akan keluar dengan utuh dan tinggal dicuci.

Pada abad ke-16 sampai 17, Spanyol, Portugal, Inggris dan Belanda menemukan benih kopi di Yaman dan menyelundupkannya keluar Yaman. Mereka menanam biji kopi di Sumatera dan Jawa. Belanda mempekerjakan warga lokal dengan bayaran yang rendah, sehingga mereka bisa menjual kopi ke negara mereka. Warga juga tidak boleh memetik buah kopi dan tidak mampu membeli kopi sendiri. Akhirnya, mereka menyadari kalau musang kelapa tidak bisa mencerna biji kopi dan mereka mengumpulkannya dan dibersihkan. Lalu biji tersebut diolah menjadi minuman kopi dengan aroma khas.

Kopi luwak juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan, karena kandungan kafein pada kopi luwak rendah, dan juga tingkat keasamannya. Kopi ini sangat aman dikonsumsi untuk penderita penyakit maag. Kopi luwak juga dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker payudara, penyakit saraf, parkinson, diabetes, dan batu empedu. Kopi luwak juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dan menjaga kecantikan kulit.

NIA | photo: republicaroasters.com

Send this to a friend