Banyak orang yang tidak bisa tidur dengan kondisi lampu menyala, tapi juga banyak orang justru tidur dengan lampu tetap menyala. Nah jadi yang benar untuk tidur itu dengan lampu dalam kondisi menyala atau tidak? Sebenarnya lebih baik kita tidur dengan kondisi lampu mati. Karena kondisi gelap akan membuat kualitas tidurmu lebih baik. Ini alasannya.
1. Dapat Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Ketika tidur dalam ruangan gelap, sisitem kekebalan tubuh akan meningkat karena peningkatan produksi hormon melatonin yang mengakibatkan tidur menjadi lebih nyenyak. Hormon ini akan diproduksi oleh tubuh dalam kondisi gelap.
2. Mencegah Depresi
Tidur dengan lampu tidak menyala membuat tubuh lebih rileks. Keadaan ini membuat tubuh sepenuhnya beristirahat. Keadaan ini membuat tubuhmu beristirahat secara maksimal. Namun sebaliknya dengan lampu menyala akan beresiko buruk terhadap perubahan struktur otak yang dpat menimbulan depresi.
3. Membuat Mood Baik Saat Bangun
Ternyata tidur tanpa pencahayaan lampu dapat mengontrol emosi sehingga menjadi lebih seimbang. Lancarnya produksi melantonin juga berakibat pada meningkatnya hormone serotonin yang menjadi pengahsil ood baik.
4. Mengahambat Pikun atau Mudah Lupa
Tidur dengan nyenyak akan nmembuat otak kita akan lebih tenang dan rileks. Karena saat tidur dengan pencahayaan lampu membuat otak kita terus menerima respon cahaya dari mata. Karena hal ini membuat otak kita kurang istirahat dan dapat membuat pikun di usia lanjut.
Nah guys buat kamu yang masih sering tidur dengan menyalakan lampu lebih baik mulai dikurangi dan coba untuk mematikan lampu saat tidur karena manfaatnya untuk kita juga.
(Raka | Foto: islamindonesia.id)

Send this to a friend