Kebiasaan yang Perlu Dihindari Saat Liburan

Saat liburan, banyak sekali kegiatan yang biasanya dilakukan. Kumpul dengan keluarga, jalan-jalan, atau menggunakan waktu liburan untuk beristirahat dirumah saja. Namun, sepertinya ada yang memelihara kebiasaan-kebiasaan buruk di tengah liburan. Seperti apa saja sih, kebiasaan yang perlu dihindari saat liburan?

  • Pola makan yang berubah total

Salah satu pola hidup yang berubah adalah bangun siang. Hal ini menyebabkan ada yang merasa tidak perlu sarapan karena lebih baik santai di kamar. Padahal sarapan adalah asupan nutrisi pertama yang penting dalam satu hari penuh. Selain kurang energi, lemas, juga bisa menyebabkan masuk angin atau sakit lambung.

Saat di perjalanan juga ada rasa malas makan dan minum dengan berbagai alasan. Malas makan karena tidak ada restoran enak saat jam makan. Malas minum juga dengan alasan malas buang air kecil di perjalanan. Padahal saat perjalanan liburan badan sangat butuh asupan cairan karena capek.

  • Memakan dalam porsi besar

Godaan makanan lezat yang disediakan saat berkunjung ke rumah saudara di hari raya rasanya sulit untuk ditolak. Opor ayam, rendang, ketupat sayur seakan menggoda mata dan lidah kamu untuk dicicipi. Kamu tidak boleh lupa diri dengan makan dalam porsi besar. Konsumsilah makanan yang disediakan secukupnya dalam jumlah yang sedikit-sedikit. Dengan begitu, Anda bisa mencicipi semua makanan tanpa harus khawatir.

  • Perubahan Pola Tidur

Pada saat liburan, pola tidur adalah salah satu pola yang sering berubah. Biasanya tidak ada jam yang pasti Anda harus tidur pukul berapa atau seberapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk beristirahat. Padahal pola tidur kamu sudah terbentuk karena rutinitas sehari-hari. Dampak buruk yang ditimbulkan jika pola tidur berubah adalah saat kamu beraktivitas kembali, kamu akan kesulitan untuk bangun tepat waktu. Akibatnya kamu akan kurang istirahat dan performa di kantor jadi tak maksimal.

  • Kurang Memerhatikan Kebersihan

Saat liburan, kamu pasti tidak begitu memikirkan berapa kali kamu sudah mandi. Jika sedang berlibur di daerah lain pun terkadang kamu tidak keberatan untuk tidak mengganti pakaian. Hal ini juga dimaksud untuk menghemat pakaian. Padahal menjaga kebersihan itu penting. Walau kamu sedang liburan, tidak berarti virus-virus yang datangnya dari kotoran juga ikut berlibur. Mereka justru senang menyerang kamu yang sedang lengah. Tidak ada salahnya untuk bangun dan rutin mandi dua kali sehari. Selain itu, kamu juga bisa mencuci baju sendiri atau memanfaatkan jasa laundry pakaian yang disediakan oleh hotel atau tempat-tempat laundry terdekat.

  • Tetap berkerja padahal sedang liburan

Sebelumnya, kamu harus mengingat apa tujuan kamu melakukan liburan? Pastinya melepas penat dari rutinitas keseharian, salah satunya berkerja. Mungkin saat kamu liburan, kamu masih kepikiran pekerjaan di kantor dan bermaksud untuk menyicilnya sedikit demi sedikit. Padahal hal ini salah, buat apa kamu liburan jika masih saja berkerja? Cara mudah untuk liburan tanpa memikirkan pekerjaan adalah menyelesaikan pekerjaan sebelum liburan. Dengan begitu kamu dapat menikmati liburan dengan tenang.

NIA | photo: economy.okezone.com

Author: redaksi

1686 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2018 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2018 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Indonesia Favorit Anda ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend

Desainwebku